EFEKTIVITAS MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI

Amral Amral(1*), Usman Mulbar(2), Ilham Minggi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) dalam pembelajaran matematika materi Keliling dan Luas Bangun Datar pada kelas XI SMKT Somba Opu Sungguminasa Kab. Gowa dan mendeskripsikan hasil belajar, respon, aktivitas, kemandirian belajar, dan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH). Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas (One Grup) sebagai kelas eksperimen, dengan pemilihan sampelmenggunakan teknik Simple Random Sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH)pada materi Keliling dan Luas Bangun Datardalam kategori terlaksana dengan baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe ETHpada materi Keliling dan Luas Bangun Datar pada siswa kelas XI SMKT Somba Opu Sungguminasa Kab. Gowa efektif ditinjau dari aspek hasil belajar, aktivitas belajar, respon, kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa.

Kata Kunci: ETH, Komunikasi Matematika, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6044

Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL NALAR PENDIDIKAN