PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTsN 3 BLITAR
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v11i1.45785
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif pada pembelajaran IPS dapat berakibat siswa bosan dan mempunyai motivasi belajar rendah sehingga hasil belajar IPS siswa kurang baik. Salah satu metode yang inovatif yaitu metode take and give yang membuat siswa semangat dan tidak bosan sehingga motivasi dan hasil belajarnya dapat meningkat. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui pengaruh metode Take and Give terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Blitar, 2) mengetahui pengaruh metode Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 3 Blitar. Peneliti memilih pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Eksperimen guna untuk menganalisis atas kemungkinan saling berhubungan antara sebab akibat pada dua kelompok yaitu kelas VIII C dengan total 32 siswa dan kelas VIII I total 29 siswa. Data dikumpulkan dari observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian berdasar dari output uji t-test yaitu motivasi dan hasil belajar memperoleh nilai (6,064 > 2,000 dan 5,328 > 2,000 ) serta nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga disimpulkan penerapan metode take and give berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 3 Blitar.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 76 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fita Taqiya, Anggoro Putranto
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .