PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP ENERGI BUNYI DI KELAS V SD INPRES TA’BINJAI

Mappaseleng Mappaseleng(1*),

(1) SD Inpres Ta’Binjai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2422

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep energi bunyi kelas V SD Inpres Ta’binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Ta’binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan siklus I nilai ketuntasan yang diperoleh siswa yaitu siswa yang tuntas hanya 9 orang atau hanya (45%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 orang atau (55%). Setelah pelaksanaan tindakan siklus II nilai siswa meningkat yaitu siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (95%). Dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 orang (5%). Dari hasil penelitian tindakan siklus I dan II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 45% menjadi 95%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sebagai alternatif meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran energi bunyi dapat meningkatkan hasil belajar Siswa SD Inpres Ta’binjai.


Kata kunci: Hasil belajar, Pendekatan keterampilan proses, Energi bunyi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mappaseleng Mappaseleng

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics