PENGGUANAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NARATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (PENELITIAN EKSPERIMEN)

Astria Hamzah(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2420

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan prestasi siswa dalam keterampilan menulis dengan menggunakan video dalam batasan content dan language use. Peneliti menerapkan metode penelitian Pre-Experimental Research dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Objek penelitian adalah siswa kelas sebelas pada SMA Negeri 1 Alla Enrekang tahun academic 2015/2016. Objek penelitian terdiri dari 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tujuh kali pertemuan. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 51.73 dan post-test 77.79. Ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa pada post-test lebih tinggi dari pada pre-test. Nilai t-test dari content dan language use adalah 21.0 dan itu lebih besar dari pada t-table 2.060 pada level signifikan (p) = 0.05 dan degree of freedom (df)=26-1=25. Jadi ada perkembangan yang signifikan dari kemampuan menulis siswa pada narative teks dalam batasan conten dan language use dengan menggunakan video.


Kata kunci: Bahasa Indonesia, Video, Menulis Teks Naratif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 323 times | PDF view : 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Astria Hamzah

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics