EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Mardyanto Barumbun(1*),

(1) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i2.25107

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas tujuh pada materi bangun datar dengan menggunakan alat permainan ular tangga bangun datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pendekatan pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test-post-test yang melibatkan satu kelas VII di SMP Negeri 29 Makassar yang beranggotakan 29 siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep geometri, angket respons siswa, dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) rata-rata pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran mencapai 86,21%. Bahkan, terdapat peningkatan pemahaman konsep secara signifikan sebelum dan setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran dengan bantuan media tersebut. (2) Terdapat respons positif dari siswa terhadap proses pembelajaran dengan pemanfaatan media di dalamnya. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT menggunakan media Ular Tangga Bangun Datar efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terkait geometri bangun datar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 294 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mardyanto Barumbun

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics