PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH PERANGKAT KERAS PRODI PTIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Dasmayanti Lestari(1*), Muh. Nasir Malik(2), Edi Suhardi Rahman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i3.14962

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar pada mata kuliah perangkat keras di Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan (1974) menggunakan model 4-D yaitu Pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan penyebaran (Dissemination). Bahan ajar divalidasi oleh 6 orang ahli, pengujian dilakukan dengan 2 tahap ujicoba. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah  a) Tahapan Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Perangkat Keras Prodi PTIK Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNM, diuraikan dari tahap pendefinisian (Define) dengan menganalisis kebutuhan, tahap perancangan (Design) yaitu mendesain bahan ajar dan materi bahan ajar yang mengacu pada silabus dan RPS mata kuliah perangkat keras, tahap terakhir yaitu pengembangan (Development), dengan memvalidasi dan mengujicobakan bahan ajar. b) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari uji validasi ahli materi yaitu dengan nilai rata-rata 4.79 dengan presentase 95.89%  kualifikasi sangat valid, ahli desain dengan nilai rata-rata 4.62 dengan presentase 92.55%  kualifikasi sangat valid, c) Hasil ujicoba mahasiswa kelompok kecil dengan nilai rata-rata 4.36 dengan presentase 87.42%  dan ujicoba kelompok besar dengan nilai rata-rata 4.50 dengan presentase 90.20% kualifikasi sangat baik.

Keywords


Pengembangan, Bahan Ajar, Perangkat Keras

Full Text:

PDF

References


S. Frisnoiry, “Pengembangan perangkat pembelajaran untuk membelajarkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik melalui pendekatan matematika realistik di SMP N 7 Binjai,” UNIMED, 2013.

M. Sugiono, “Pengaruh penggunaan bahan ajar e-book interaktif, pemahaman analisis transaksi dan intensitas latihan soal terhadap hasil belajar siswa pada materi jurnal khusus akuntansi perusahaan dagang kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo,” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), vol. 5, no. 3, 2017.

S. Thiagarajan, “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.,” 1974.

S. Azwar, “Reliabilitas dan validitas,” Yogyakarta: pustaka pelajar, 2012.

E. P. Widoyoko, “Evaluasi program pembelajaran,” Yogyakarta: pustaka pelajar, vol. 238, 2009.

S. Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metods)(; S. Sutopo, Ed.),” Bandung: Alfabeta, 2012.

A. Fatmawati, “Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X,” Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, vol. 4, no. 2, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 375 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License