PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI DI KABUPATEN BULUKUMBA

Ismail Aqsha(1*), Hamzah Nur(2), Chairunnisa Lamasitudju(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/metrik.v17i2.14037

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran praktik pengelasan berbasis kewirausahaan yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dan dikembangkan menggunakan model ADDIE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku panduan, modul, RPP dan jobsheet. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran menggunakan dua tahap, yaitu validasi ahli dan uji lapangan. Subjek penelitian siswa kelas XI TKR SMK Negeri di kabupaten Bulukumba sebanyak 20 orang. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran sudah memiliki kualitas yang cukup valid dan layak untuk digunakan, hal ini berdasarkan hasil validasi ahli yang mencapai kategori cukup valid untuk buku panduan, kategori cukup valid untuk modul pembelajaran, kategori cukup valid untuk RPP, dan kategori cukup valid untuk jobsheet. (2) Perangkat pembelajaran sudah praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, hal ini berdasarkan respon siswa yang menunjukan respon sangat baik. (3) Penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ternyata efektif untuk menunjang kegiatan pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan adanya ide-ide yang tumbuh dari siswa dan produk akhir dari pembelajaran. Dengan demikian maka model pembelajaran dapat digunakan sebab telah mencapai kategori valid, praktis, dan efektif.

Keywords


Model Pembelajaran, Praktik Pengelasan, dan Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


A. Fatmawati, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X, Jurnal Edusains 4 (2), 94-103, 2016.

A. S. Naharuddin dan C. Nugraho, Kekuatan Tarikdan Bending Sambung Las Pada Material Baja SM 490 dengan Metode Pengelasan SMAW dan SAW, Jurnal Mekanikal, 6(1), 550-555, 2015.

B. A. Pribadi, Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

E. Suherman, Desain Pembelajaran Kewirausahaan, Bandung: Alfa Beta, 2008.

I. W. Djatmiko, dkk. Modul Pendidikan dan Kejuruan, Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan, Jakarta: Dokumen Negara PDF Tanggal 22 Juni 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Jakarta: Dokumen Negara PDF, 2013.

R. B. Lestari, dan T. Wijaya, Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI, Jurnal Ilmiah STIE MUSI, 1(2), 112-119, 2012.

R. Mursid, Pengembanggan Model Pembellajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi, Jurnal Cakrawala Pendidikan Th, XXXII No, 1, 27-40, 2013.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

U. Nugroho, dan S. Edi, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1), 108-112, 2009.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Dokumen Negara PDF, 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Jakarta: Dokumen Negara PDF, 2002.

Z. D. Maran, Peralatan Bengkel Otomotif, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.


Article Metrics

Abstract view : 569 times | PDF view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Media Elektrik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Media Elektrik Index:

    

 

Alamat Redaksi:

Ged. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Lt.2

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Jl. Dg. Tata Raya, Parangtambung, Makassar, Sulawesi Selatan

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

E-mail: jurnal.mediaelektrik@unm.ac.id

 

 

Jurnal Media Elektrik licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License