PSIKOEDUKASI BULLYING MELALUI MEDIA LAGU SEMUA TEMAN UNTUK MENURUNKAN INTENSITAS PERILAKU BULLYING PADA ANAK BINAAN RUMAH ZAKAT GADDETA

A Idul Saputra(1), Gebriella A Sipapa(2), Lilis Damayanti(3), Sitti Rahmah(4*), Perdana Kusuma(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i3.58475

Abstract


Bullying merupakan suatu kondisi dimana seseorang kesulitan dalam mempertahankan diri dari perlakuan negatif yang dilakukan secara sengaja dan berulang . Selain itu, dalam definisi yang lain disebutkan bahwa perilaku bullying terjadi jika terdapat ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku bullying dan korban. Rumah Zakat Gaddeta sebagai lembaga sosial yang menghadirkan ruang belajar dan literasi bagi anak-anak yang berdomisili di daerah tersebut, ditemukan perilaku bullying dengan intensitas tinggi atau sering terjadi. Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan intensitas perilaku bullying pada anak binaan Rumah Zakat Gaddeta. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi melalui media lagu “semua teman”. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan psikoedukasi menggunakan media lagu “Semua Teman” menurunkan intensitas perilaku bullying pada anak binaan Rumah Zakat Gaddeta.

 


Keywords


Intensitas, Lagu, Perundungan, Psikoedukasi

Full Text:

PDF

References


Fridiana, Y. (2017). Hubungan Antara Pemahaman Bullying dan Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi dengan Sikap Bullying pada Siswa Kelas VI SD N Se-Kecamatan Gunungpati Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Hunt C., Peters L., & Rapee R.M. (2012). Development of a measure of the experience of being bullied in youth. Journal of Psychological Assessment, 24(1), 156

KPAI. (2022). Data Kasus Bullying pada Anak Tahun 2022. Media Online KPAI. Diakses pada 10 Desember 2023 melalui https://www.kpai.go.id/publikasi/tiada-toleransi-bagi-kekerasan-terhadap-anak

Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(2), 99-107

Muslikhah, I., Mariyati & Widyaningsih, T.,S. (2020). Prestasi Belajar Siswa Korban Bullying. Jurnal Ilmu Kesehatan Jiwa, 2(3), 121-128

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Massachussetts: Blackwell Publishing

Prasetyp, A.,B.,E. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 19-26

Putra, A.,S., & Soetikno, N. (2018). Pengaruh Intervensi Psikoedukasi untuk Meningkatkan Achievement Goal pada Kelompok Siswa Underachiever. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 2(1), 254-261

Utami, N.,A. (2019). Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Bullying. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 8 Tahun ke-8, 795-801

Widyaningrum, A. (2018). Lagu Anak Sebagai Preventif Perilaku Bullying. MALIH PEDDAS, 8(2), 186-193


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sitti Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.