PENYUSUNAN KAMUS HARD COMPETENCY PADA PT. A SEBAGAI PEDOMAN DALAM MELAKUKAN PEKERJAAN

Abdul Rahmat(1*), Ahdaniar Husain(2), Andi Mayang Nurya(3), Muhammad Nurhidayat Nurdin(4), Muhrajan Piara(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i3.50277

Abstract


Penyusunan kamus Hard Competency adalah proses penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kumpulan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan oleh individu dalam melakukan pekerjaan. Proses yang dilakukan dalam penyusunan kamus hard competency yaitu, (1) Mengumpulkan job profile dari masing-masing jabatan untuk dijadikan pedoman atau acuan ketika akan memberikan suatu file dalam bentuk google form untuk dilengkapi oleh pemangku jabatan, (2) Menganalisis data atau menentukan nama kompetensi yang telah dilengkapi, (3) Membuat form identifikasi yang berisi persyaratan tiap grade/level kompetensi, nama kompetensi beserta definisinya, (4) Melalukan interview atau konfirmasi kepada pemangku jabatan serta menentukan grade/level tiap kompetensi, (5) Menyusun matriks kompetensi yang berisi nama kompetensi dan grade/level. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu interview pada anak perusahaan PT. A yaitu PT. AB untuk jabatan Manager dan General Manager. Penyusunan kamus Hard Competency di PT. A sebagai pedoman pekerjaan, merupakan langkah penting dalam membangun fondasi kompetensi yang kuat di perusahaan. Dengan adanya kamus ini, PT. A dapat memastikan bahwa setiap karyawan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan efektif dan efisien, serta memfasilitasi pengembangan karir yang berkelanjutan.

Keywords


Competency, Competency Dictionary , Human Resources

Full Text:

PDF

References


Bakri, M. (2018). Pengaruh Etos Kerja, Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Hadji Kalla di Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(2).

Djan, I., & Juraida, I. (2007). Analisis Sistem Penilaian Kompetensi Pemegang Jabatan dengan Kompetensi Kerja di Keluarga Jabatan Umum pada PT. Jasa Marga (Persero).. Jurnal Ilmiah Binaniaga Vol, 3(1).

Ghozali, I., Iswati, S., & Adam, S. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Di Pt. Pertamina Lubricant Jakarta. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 211-223.

Jaya, W. M., & Nurendra, A. M. (2019). Pengembangan Kamus Kompetensi Teknis di Perusahaan Manufaktur Mesin Pertanian. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(2), 490-502.

Khiat, V., Secapramana, L. V. H., & Hariyanto, V. (2021). Penyusunan Rancangan Program Pengembangan Behavioural Competencies untuk Menunjang Kualitas Kehidupan Kerja Pegawai di PT. X. Jurnal Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 17(1).

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi deskriptif pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia serta penggunaan metode behavioral event interview dalam merekrut karyawan baru di bank mega cabang kudus. Journal of management, 2(2).

Mahathanaya, S. P. (2022). Pengembangan sistem manajemen talenta berbasis kompetensi pada perusahaan pengembang properti Surabaya. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 10(1).

Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114-136.

Sandi, Q., Syukri, A., & US, K. A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Al Ghazali, 2(2), 63-84.

Tehuayo, H., & Labusab, L. (2016). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Maluku Cabang Utama Ambon. ILTEK, 11(02), 1668-1672.

Ulrich D, Allen J, Brockbank W. 2009. HR Transformation Building Human Resource from The Outside In. New York: McGraw-Hill.

Yohanitas, W. A. (2020). Eksistensi Unit Kerja Dalam Pengembangan Kompetensi Pejabat Analis Kebijakan di Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 17(1), 16-34.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdul Rahmat, Ahdaniar Husain, Andi Mayang Nurya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.