MENUMBUHKAN SERVICE AWARENESS PADA KARYAWAN MENARA BOSOWA

Resekiani Mas Bakar(1*), Muhrajan Piara(2), Muhammad Rhesa(3), Perdana Kusuma(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i3.46475

Abstract


Pergeseran paradigma dari kualitas produk menjadi kualitas pelayanan menuntut setiap perusahaan atau organisasi untuk fokus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Pemberian materi pelayanan dan simulasi kepada karyawan Menara Bosowa bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dalam melayani, meningkatkan pemahaman terkait penyedia layanan, dan keterampilan dalam melayani. Pemberian materi dan simulasi diberikan kepada sekitar 40 orang karyawan Menara Bosowa. Durasi kegiatan sekitar 8-9 jam dengan metode yang bervariasi berupa: ceramah, diskusi-tanya jawab, sharing, simulasi, dan games. Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme, keaktifan, dan keterlibatan yang tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian proses kegiatan. Evaluasi kegiatan menunjukkan penilaian yang sangat memuaskan pada aspek materi dan trainer, dibandingkan aspek fasilitas. Implikasi kegiatan ini diharapkan para karyawan memiliki kesadaran dalam melayani konsumen sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam proses bisnis, agar memuaskan konsumen dan profit perusahaan dapat meningkat.

Keywords


Service Awareness, Karyawan, Menara Bosowa

Full Text:

PDF

References


Ashary, L. (2019). Pentingnya pelatihan dan pengembanan sumber daya manuia terhadap peningkatan kinerja karyawan pada KFC Jember. Jurnal Penelitian, 3(2). 1-22.

Aguinis, H., & Kraiger, K. (2009). Benefits of Training and Development for Individuals and Teams, Organizations, and Society. Annual Review of Psychology, 60(1), 451–474. doi: 10.1146/annurev.psych.60.1107

Bakar, R.M., Ayu, F., & Lukman. (2023). Is service with a smile enough to satisfy customers? Sincere and insincere smile via video and vignette. Gadjah Mada International Journal of Business, 25 (2), 121-142.

Elnaga, A., & Imran, A. (2013). The effect of training on employee performance. European Journal of Business and Management, 5(4), 137-147.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit. Rineka Cipta. Bandung.

Tufa, N. (2018). Pentingnya pengembangan SDM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2).


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Resekiani Mas Bakar, Muhrajan Piara, Muhammad Rhesa, Perdana Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.