NONTON BARENG FILM "ORANG KAYA BARU": PELEPASAN EMOSI MELALUI PENDEKATAN CINEMATHERAPY

Basti Tetteng(1), Muhammad Faiz Muttaqi(2), Nabilah Assakinah Burhani Puteri(3*), Nabila Putri Anwar(4), Nabila Ikram(5), Maya Annisa Mursal(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v2i3.39213

Abstract


Rutan Kelas I Makassar merupakan instansi pemasyarakatan dengan fungsi sebagai pengamanan dan penahanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). WBP Rutan Kelas I Makassar menunjukkan kecenderungan mengikat emosi negatif yang mereka miliki seperti kecemasan, overthinking, terbayang-bayang akan kesalahan, denial, marah, dan lain-lain. Berdasarkan hasil assessment, tim pengabdian mengadakan program kerja nonton bareng film “Orang Kaya Baru” sebagai upaya pelepasan emosi WBP Rutan Kelas I Makassar dengan pendekatan cinematherapy. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah nonton bersama dengan 5 tahap kegiatan yaitu assessment, persiapan, implementasi, mengelola pengalaman, dan evaluasi. Partisipan dalam kegiatan ini adalah Warga Binaan Pemasyarakat Rutan Kelas I Makassar yang berjumlah 28 orang dengan rentang usia 20-30 tahun. Hasil dari rangkaian program nonton bareng film “Orang Kaya Baru” ini adalah WBP yang awalnya mengikat dan menahan emosi negatif di dalam dirinya setelah diberikan terapi katarsis melalui cinematherapy menjadi mampu mengeluarkan emosi yang tertahan selama ini yang ditandai dengan perasaan lega. Hasil evaluasi kegiatan cinematherapy mendapatkan respon positif dari semua partisipan. 


Keywords


cinematherapy; pelepasan emosi; warga binaan

Full Text:

PDF

References


Azani, A. (2012). Gambaran Psychological Well-Being Mantan Narapidana. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(2), 16-17.

Baihaqi, M. A. (2019). Analog shocking therapy sebagai metode katarsis terhadap ketenangan jiwa pada karyawan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Citra, Yulia. (2020). EFEKTIVITAS TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN EMPATI REMAJA DI DESA MALELA KECAMATAN SULI (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Demir, E.S. (2007). Cinema Therapy. Metu: State

University Of Metu.

Demir, E. S. (2007). Cinematherapy. Metu: State University of Metu.

Hastin, M. F. (2018). Cinema Therapy dalam menstabilkan emosi remaja introvert di UIN Sunan Ampel Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Masruroh, D. (2019). Pengaruh Terapi Humor dengan Media Film Komedi terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Mulyana, D. Y. N. (2022). Cinema Therapy Dalam Menstabilkan Kecemasan Penyintas Covid-19 (Studi di Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Ningsih, A. M., Hidayat, D. R., & Setiyowati, E. (2015). Pengaruh penggunaan cinematherapy terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1-7.

Priyanka, Dhia. (2020). Chinema Therapy, Cara Mengurangi Stres Lewat Nonton Film. https://journal.sociolla.com/lifestyle/cinema-therapy?page=1 (diakses 6 November)

Qonitatin, N., Widyawati, S., & Asih, G. Y. (2011). Pengaruh katarsis dalam menulis ekspresif sebagai intervensi depresi ringan pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 9(1).

Rahmawati, F., & Saputra, A. R. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENULIS EKSPRESIF UNTUK MENURUNKAN STRESS BAGI WARGA BINAAN WANITA RUMAH TAHANAN KELAS IIB PONOROGO. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 149-159.

Sinuraya, R. R. Y., & Subroto, M. (2021). Kondisi Psikologis Narapidana Selama Menjalani Hukuman Seumur Hidup. Gema Keadilan, 8(3).

Tetteng, B., Tirtasari, S., Syamsu, S., & Rezqyawan, N. Sosialisasi Berbentuk Seminar, Webinar, Infografis, dan Penyuluhan dalam Rangka Mencegah Kasus Pernikahan Usia Anak Serta Kekerasan dan Kesetaraan Gender. INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2).


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nabilah Assakinah Burhani Puteri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.