PROGRAM PSIKOEDUKASI TENTANG DISLEKSIA ANAK USIA PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR PADA MASYARAKAT

Wilda Ansar(1*), Andrea Satriajati Putra Pasunda(2), Anita Ramadhani(3), Asmiati Asmiati(4), Dandi Saputra(5), Dian Eka Putri(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i1.38387

Abstract


Disleksia merupakan salah satu gangguan yang disebabkan oleh permasalahan di otak dan ditandai dengan kesulitan ketika belajar membaca dan menulis. Pengetahuan tentang disleksia sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat, sehingga dapat mendeteksi anak yang mengalami disleksia, memahami kondisi anak, dan memberikan penanganan sesuai kebutuhan anak, khususnya pada anak pra sekolah dan sekolah dasar. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk psikoedukasi non pelatihan dengan cara langsung melalui webinar. Webinar ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat umum tentang disleksia dan memperingati bulan disleksia internasional. Kegiatan ini dilakukan dalam lima tahap yaitu, tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan, tahap pendaftaran, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Cloud Meeting pada hari sabtu, tanggal 22 oktober 2022, pukul 10.00-13.00 WITA. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan webinar ini dibagi dalam beberapa sesi yaitu, pembukaan, pemberian materi webinar, sesi tanya jawab, pemberian presensi dan evaluasi, penutupan serta foto virtual bersama. Data yang diperoleh dalam kegiatan ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan webinar yang telah dilakukan dapat memberikan pengetahuan dan informasi baru kepada peserta tentang disleksia pada anak pra sekolah dan sekolah dasar. 


Full Text:

PDF

References


Atikasari, F. (2018). Perancangan pusat edukasi dan terapi anak disleksia di Bandung dengan Pendekatan Multisensori. Disertasi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dirgayunita, A., Dheasari, A. E., Hanifi, A. R. B., & Masyhuri. M. (2022). Identifikasi kesulitan belajar disleksia anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 36-54.

Filasofa, L. M. K., & Minwati. (2021). Perkembangan kognitif anak usia dini penyandang disleksia: studi kasus pada lembaga pendidikan di Indonesia. JoECCE: Jurnal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 53-72.

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan ciri anak pengidap disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21-32.

Harlistyarintica, Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola asuh autoritatif dan kebiasaan makan anak prasekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 867-878.

HIMPSI. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta : Himpunan Psikologi Indonesia.

Isjianto. (2005). Riset sumber daya manusia cara praktis mengukur stres, kepuasan kerja, komitmen, loyalitas, motivasi kerja & aspek-aspek kerja karyawan lainnya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Leoziana. (2017). Urgensi mengenal ciri disleksia. Jurnal Pendidikan, 3(2), 42-58.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Padang: Andalas University Press.

Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar sebagai media bimbingan klasikal sekolah untuk pendidikan seksual berbasis online (meta analisis pedagogi online). Jurnal Suloh, 4(1), 26-30.

Misbahuddin & Hasan, I. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfadhillah, S., Adella, A., Asfari, A. I., Anggraeny, D., Sari, N. N., & Ananda, V. (2022). analisis model pelayanan pendidikan bagi anak disleksia dan disgrafia di sekolah inklusi SDN Meruya Selatan 06 Pagi. MASALIQ, 2(1), 43-52.

Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi eksplorasi bentuk-bentuk gejala disleksia pada anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4003-4013.


Article Metrics

Abstract view : 326 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wilda Ansar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.