Perencanaan Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Aspek UMKM Di PKBM An-Nur Ibun Kabupaten Bandung

Marino Fransiscus Herprasetyo(1*), Ayu Aida Zahra(2), Nike Kamarubiani(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v2i1.58010

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan program pemberdayaan perempuan dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Annur Ibun, Kabupaten Bandung. Fokus utama penelitian adalah mengidentifikasi langkah-langkah perencanaan yang telah diimplementasikan dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan program tersebut. Metode penelitian melibatkan survei, wawancara, dan analisis dokumentasi guna mendapatkan data yang komprehensif. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran tentang strategi perencanaan program pemberdayaan perempuan yang efektif dalam mendukung UMKM di lingkungan PKBM Annur Ibun. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan model perencanaan program pemberdayaan perempuan dalam aspek UMKM, dengan mempertimbangkan konteks lokal di Kabupaten Bandung. Kesimpulan dan rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi kebijakan pemberdayaan perempuan dan pengembangan UMKM di tingkat lokal dan nasional.


Keywords


Women's Empowerment; MSMEs; PKBM

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.

Ali, M. (1982). Penelitian Kependidikan. Bandung: Angkasa.

Elfahdi, A. (2022). KEBIJAKAN STRATEJIK UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN SOSIAL DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS INDEKS DESA MEMBANGUN PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2018-2020): Strategic Policies to Increase Social Resilience in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial (Lindayasos), 4(1).

Fitrina, N. R. (2016). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI INDUSTRI KECIL DI PEDESAAN. SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI .

Gregorius, B. A. (2019). Yanti Lidiati Mengajak Mandiri Warga Ibun Bersama PKBM An-Nur.

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program pusat kegiatan belajar masyarakat Ngudi Kapinteran. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 97–108.

Landa, K. S. (2022). PERAN TOKOH PENGGERAK KOMUNITAS BELAJAR DALAM MEMFASILITASI MINAT BELAJAR PADA LOCAL HERO PEREMPUAN DI PKBM AN-NUR IBUN, BANDUNG. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Murtapiah, S. R. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Keterampilan Menjahit di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Negeri 26 Bintaro Jakarta Selatan. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif~….

Nurman. (2015). Strategi Pembangunan Daerah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147–162.

Ratnasari, S., Saripah, I., & Akhyadi, A. S. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 74–86.

Safitri, H. F. D., & Syahara, T. A. (2021). Model Komunikasi Top-Down dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Borobudur Communication Review, 1(1), 12–20.

Sajogyo, & Pudjiwati. (2007). Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sianturi, C. Y. P., Wilson, W., & Alvi, R. R. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Pada Program Paket C Di PKBM Bina Kreasi Kota Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 91–99.

Sihombing, U. (2000). Pendidikan luar sekolah: manajemen strategi: konsep, kiat, dan pelaksanaan. PD. Mahkota.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Luar Sekolah, Wawasan, Sejarah Perkembangan Falsafah dan Fakta Pendukung Azas. Bandung: Falah Production.

Suharto, E. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Rafika Aditama.

Tantowi, A., Setiawan, H., Yuliati, N., & Imsiyah, N. (2018). Peran Pemberdayaan Perempuan Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga Di PKBM Ngupoyo Ilmu Muncar Kabupaten Banyuwangi. In Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC

Tohani, E. (2022). Perencanaan Pendidikan Nonformal. Yogyakarta: UNY Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. (2010). Semarang: CV. Duta Nusindo.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Marino Fransiscus Herprasetyo, Ayu Aida Zahra, Nike Kamarubiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.