PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI KELURAHAN MOSSO KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE

Atika Husnul Khatimah Wahab Wahab(1*), Rudi Amir Rudi Amir(2), Nasrah Natsir Nasrah Natsir(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v2i1.53095

Abstract


 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

ATIKA HUSNUL KHATIMAH WAHAB. 2023,Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Rudi Amir, S.Pd., M.Pd., dan Nasrah Natsir, S.Pd, M.Pd Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Peneltian ini mengkaji tentang Peran Orangtua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Peran Orangtua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana Kabupaten Majene yang dilihat dari 4 peran orangtua yaitu, Pendidik, Pendorong, Panutan, dan Pengawas. Informan pada penelitian ini adalah 6 orangtua. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 4 peran orangtua yang digunakan yaitu : Pendidik, Pendorong, Panutan, dan Pengawas. Melalui keempat bentuk peran orang tua di Kelurahan Mosso mengarah pada penanaman nilai-nilai agama dan moral, terutama nilai kejujuran perlu ditanamkan kepada anaknya sejak dini sebagai bekal dan benteng untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi, karena orangtua merupakan figur ideal bagi anaknya, maka segala kebiasaan mulai dari ucapan, tindakan bahkan tingkah laku orangtua akan selalu menjadi panutan bagi anak Hal ini dilihat dari hasil penelitian bahwa orangtua sudah mengajarkan anaknya untuk shalat lima waktu, berperilaku jujur dan bertutur kata yang sopan dengan orang yang lebih tua maupun dengan teman sebayanya. Sedangkan bentuk penegakan aturan, orangtua di Kelurahan Mosso menekankan penegakan aturan dan batasan dalam membentuk kepribadian anaknya.

Kata Kunci : Peran, Orangtua, Pembentukan Kepribadian Anak

 

                                                  ABSTRACK

This research examines the role of parents in forming children's personalities in Mosso Village, Sendana District, Majene Regency. The aim of this research is to determine the role of parents in forming children's personalities in Mosso Village, Sendana District, Majene Regency, seen from the 4 roles of parents, namely, Educator, Encouragement, Role Model and Supervisor. The informants in this study were 6 parents. This research uses a qualitative research approach with a descriptive qualitative research type. Data was collected through interviews, observation and documentation. The techniques used in data analysis are data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show that there are 4 parental roles used, namely: Educator, Encouragement, Role Model, and Supervisor. Through the four forms of parental role in Mosso Village, it leads to the instillation of religious and moral values, especially the value of honesty, which needs to be instilled in their children from an early age as a provision and fortress to face the changes that occur, because parents are ideal figures for their children, so everything Habits ranging from words, actions and even behavior of parents will always be a role model for children. This can be seen from the research results that parents have taught their children to pray five times a day, behave honestly and speak polite words with older people and their peers. As for the form of rule enforcement, parents in Mosso Village emphasize enforcing rules and boundaries in shaping their children's personalities.

Keywords: Role, Parents, Children's Personality Formation


Keywords


Role, Parents, Children's Personality Formation

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Atika Husnul Khatimah Wahab Wahab, Rudi Amir Rudi Amir, Nasrah Natsir Nasrah Natsir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.