Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pokok Pembahasan Distribusi Binomial

Indah Ainun Fatwa(1*), Usman Mulbar(2), B. Bernard(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9493

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII MIA. Dengan mengambil subjek penelitian sebanyak 6 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan sebagai instrumen pendukung, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan tingkat kemampuan tinggi dapat menentukan informasi yang terdapat pada soal dengan lengkap dan tepat, merencanakan pemecahan masalah dengan sangat baik, melaksanakan rencana pemecahan dan dapat menjelaskan langkah pemecahan masalah yang digunakan dengan hasil yang benar, serta memeriksa kembali langkah pemecahan masalah yang digunakan secara menyeluruh beserta jawabannya. (2) siswa dengan tingkat kemampuan sedang dapat menentukan informasi terdapat pada soal dengan lengkap akan tetapi kurang tepat, memiliki rencana pemecahan masalah dengan baik, menjelaskan langkah pemecahan yang digunakan dengan hasil kurang benar, dan tidak memeriksa kembali langkah pemecahan masalah yang digunakan secara menyeluruh beserta jawabannya. (3) siswa dengan tingkat kemampuan rendah dapat menentukan informasi terdapat pada soal dengan lengkap dan kurang tepat, memiliki rencana pemecahan masalah yang dapat membantunya dalam menyelesaikan masalah dengan tepat, menyelesaikan masalah dengan hasil yang kurang benar, dan tidak memeriksa kembali langkah pemecahan masalah yang digunakan secara menyeluruh beserta jawabannya.

Kata Kunci: kemampuan, pemecahan masalah, distribusi binomial

Abstract. This research is a descriptive research with qualitative approach aimed to describe problem solving abilities of mathematics students class XII MIA. By taking 6 students as subject. Instruments in this study are the researchers themselves as the main instrument and as a supporting instrument, namely the problem-solving skills test, interview guidelines. The results showed: (1) students with high ability level can determine the informations contained in the problem complete and precise, plan the problem-solving very well, implement the plan of problem-solving and can explain the problem-solving steps used with the correct results, and check back problem-solving steps used thoroughly and the answers. (2) students with medium ability to determine the information contained in the problem with complete but not appropriate, have a good problem-solving plan, explain the problem-solving steps used with less correct results, and don't re-examine the problem-solving steps used thoroughly and the answer. (3) students with low ability level can determine the information contained in the problem with complete and less precise, have a problem-solving plan that can help him in resolving the problem correctly, solve the problem with incorrect results, and don't re-examine the troubleshooting steps used thoroughly with the answers.

Keywords: abilities, problem-solving, binomial distribution


Full Text:

PDF

References


Awaliyah, G. (2015). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-gugus KI Hajar Dewantara Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal (Skripsi. Tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006. 2006. Standar isi.

National Council of Teachers of Matematics. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf. diakses pada tanggal 21 oktober 2017.

Polya, G. (1973). How To Solve It A New Aspect Mathematical Method. United States of America. Princeton University Press.


Article Metrics

Abstract view : 306 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: