Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan ICARE dalam Pembelajaran Matematika

Muhammad Darwis(1*), A. Asdar(2), K. Kurniati(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9490

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model Discovery Learning dengan pendekatan ICARE dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini diukur berdasarkan capaian hasil belajar, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan respons siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random  sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) Skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai skor kriteria ketuntasan minimal 70 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,16. (2) Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. (3) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik.. (4) Aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. (5) Respons siswa berada pada kategori cenderung positif..

Kata Kunci: Efektivitas, Discovery Learning, ICARE.

Abstract. The purposes of the research were to investigate the effectiveness of the application of discovery learning model with ICARE approach in mathematics learning of grade VII SMP Negeri di Sungguminasa. The effectiveness of learning can be measured based on the results of students’ learning achievement, students’ activity, and students’ responses after the implementation of learning. The design of the research, was Pre-Experiment. The population in this research are all of grade VII students of SMP Negeri 1 Sungguminasa. The samples of this research are one class. The sampling of this research is cluster random sampling. The method of collect the data used questionnaire, observation and test. The technique of data analysis used is the technique descriptive and inferential statistical analysis. The results analysis of this research are: 1) The scores of students’ learning achievement there was a significant increase and passing the Minimum Completeness Criteria on score 70 with the mean score of students’ learning achievement is 74,16. (2) Students’ classical completeness is 87,5%. (3) The implementation of learning are in the category carried out very well.  (4) The students’ activities are on very good category (5) The students’ responses are tend to be positive category.

Keywords: Effectiveness, Discovery Learning, ICARE .


Full Text:

PDF

References


Adila, G.P., & Masriyah. (2014). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Model-Eliciting Activites (MEAs) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 3, No. 2, pp. 97-102.

Bao, L. (2006). Theoritical comparison of average normalized gain calculations. Physics Education Research, 74(10).917-922.

Mattjik, A.A., & Sumetajaya, I.M. (2002). Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. Bogor : IPB Press

Muhibbin, S. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, R.D.Y. (2016). Efektivitas Pembelajaran ICARE Terintegrasi Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Geometri pada Siswa Kelas X MIA 9 di SMA Negeri 1 Sungguminasa. (Tesis, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Rusli, M. (2014). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Melalaui Pendekatan Open Ended Dengan Setting Kooperatif Dan Setting Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VII Mts Guppy Kabupaten Gowa. (Tesis, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sulistiani, E. (2015). Keefektifan Model Discovery Learning Berbantu Resitasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII. Universitas Negeri Semarang.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan tanggul kabupaten Jember. Pancaran, Vol.3, No.2, hal 165-174.

Syamsuadi, A. (2016). Keefektifan Pendekatan ELPSA Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Data Pada Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. (Tesis, tidak diterbitkan). Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 303 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: