Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Self-Confidence Siswa Kelas XI IPA

A. Asdar(1*), Ahmad Talib(2), Muh. Sofyan(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) 1Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9488

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) deksripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran Konvensional; (2) deskripsi rasa percaya diri atau Self-Confidence siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan pembelajaran Konvensional; (3) pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika dan self-confidence siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Peneliti memilih dua kelas dengan teknik random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah rata-rata nilai hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan dengan pembelajaran Konvensional. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika dan self-confidence siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Self-Confidence.

Abstract. The research is eksperiment hat has purpose to know: (1) Mathematics Learning Achievement description of student who is thought by using cooperative learning type group investigation dan convensional learning; (2) Mathematics Learning Self-Confidence description of student who is thought by using cooperative learning type group investigation dan convensional learning; (3) influence of cooperative learning type group investigation towards Mathematics Learning Self-Confidence and Achievement Of Students at Class XI IPA Senior High School Muhammadiyah Kalosi. Researcher choose two classes by using random sampling. The data are obtained from observation, quetionnaire, dan test result. The data is analyzed by using descriptive statistical analysis dan infrential statistical analysis. The result is analyzed by using descriptive mean of achievement value and Self-Confidence score of student by using cooperative learning type Group Investigation dan convensional learning. The result in infrential statistical analysis show that student mathematics learning self-confidence and achievement who is taught by using cooperative learning type group investigation is better than student mathematics learning achievement and self-confidence who is taught by using convensional learning.

Keywords: Cooperative Learning, Group Investigation, learning Achievement, Self-Confidence.


Full Text:

PDF

References


Budimansyah. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prsetasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa kelas VIII SMP 5 Polewali. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar

Israwati, Tri. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Scientific Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar

Norjanah. (2016). Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas X E SMA Negeri 1 Segeri. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar.

Purwanto. (2015). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. Diterjemahkan oleh: Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Syartika. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 382 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: