Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Penerapan Pendekatan Realistic Mathemtics Education dan Contextual Teaching And Learning

Hamzah Upu(1*), Usman Mulbar(2), Indra Purwanto(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9481

Abstract


Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar matematika siswa antara penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  pada siswa kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi selatan dan dipilih dua kelas eksperimen secara random sebagai sampel penelitian. Data dianalisis dengan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan  siswa yang diajar menggunakan pendekatan CTL.

Kata Kunci: Hasil Belajar, RME, CTL.

Abstract. The research type was an Quasi-experimental which involved two groups with different treatment. Objectives of this research were to know the differences in the improvement of students mathematics learning outcomes between the application of Realistic Mathematics Education approach and the application of Contextual Teaching and Learning approach. The population in this research was grade VII one of the Junior High School in Polewali Mandar, West Sulawesi and two experiment classes are selected by random technique as research sample. Data analysis by using descriptive and inferential statistics.  The result was obtained  there are not the different in the improvement of students mathematics learning outcomes between the application of RME approach and the application of CTL approach.

Keyword: Learning Outcomes, RME, CTL.


Full Text:

PDF

References


Ekowati, C.K., Darwis, M., Upa, H.M.D.P., & Tahmir, S. (2015). The Application of Contextual Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation At SMPN 1 Kupang. Internasional Education Studies; 8(8).

Gravemeijer, K & Doorman, M. (1999). Context Problems In Realistic Mathematics Education: A Calculus Course As An Example. Dodrecth: Kluwer Academic Publishers.

Hayusira. (2013). Penerapan pendekatan CTL dengan metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar program linear pada siswa kelas x jurusan teknik computer dan jaringan (TKJ) SMK Tri’s Maros (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Liu, M. (2005). Motivating Students Through Problem Based Learning. Austin: University Of Texas.

Nawir. A.A. (2011). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Pendekatan RME dengan setting pembelajaran Kooperatif type TAI materi Segitiga dan Segiempat di SMPN 1 Bulukumba (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Rosnaeni. (2012). Penerapan pendekatan Pembelajaran CTL untuk meningkatan prestasi dan motovasi belajar matematika pada pokok bahasan perbandingan trigonometri siswa kelas x SMA Negeri 1 sinjai utara (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri

Makassar, Makassar.

Saputra, E. (2006). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan quantum teaching dengan pendekatan CTL pada siswa SD Inpres bojo utara (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Soedjadi, R. (2007). Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Surya. L.T. (2015). Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Penerepan Pendekatan Saintifik dan Penerapan pendekatan RME model Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 2 Makassar (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Tandiala. R. (2015). Keefektifan pendekatan RME setting cooperative student team achievement division (STAD) dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Makassar (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Uzel, D & Uyangor, S.M. (2006). Attitudes of 7th Class Students Toward Mathematics in Realistic Mathematics Education. Turkey: Balikesir University.

Wahyudi. (2016). The Development of Realistic Mathematics Education (RME) Model for the Improvement of Mathematics Learnings of Primary Teacher Education Program (PGSD) Students of Teacher Training and Education Faculty (FKIP) of Sebelas Maret

University in Kebumen. ICTTE Sebelas Maret University, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 518 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: