Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP

Awi Dassa(1*), D. Dinar(2), R. Reni(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed15294

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP mengacu pada efektivitas pembelajaran yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi, aktivitas, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata hasil pretest siswa yaitu 31,10 (kategori kurang), rata-rata hasil posttest siswa yaitu 54,22 (kategori cukup baik) (2) hasil posttest menunjukkan ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (21 siswa) mencapai ketuntasan individu, (3) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,33 (kategori sedang), (4) rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,67 (kategori sangat baik), (5) rata-rata presentase siswa yang memberi respon positif sebanyak 92,06%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajar dengan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik lebih besar dari 40 (kategori cukup baik), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP.
Kata Kunci: Efektivitas, Model pembelajaran treffinger, Pendekatan saintifik, Kemampuan berpikirc tingkat tinggi, Statistika


This research aims to determine effectiveness of treffinger learning model with scientific approach to student’s higher order thinking skills of grade VIII SMP by referring to effectiveness of learning, namely students' higher order thinking skills, student activities, and student responses. This research is pre-experimental study with quantitative approach and sampling technique used is cluster random sampling. Data analysis technique used is descriptive and inferential analysis techniques. Results of descriptive analysis showed: (1) average results of students' pretest was 31.10 (bad category), average student posttest result was 54.22 (good enough category) (2) the posttest results showed that classical completeness was reached at 100% (21 students) achieved individual completeness, (3) average normalized gain was 0.33 (medium category), (4) average student activity was 3.67 (very good category), (5) average percentage of students who gave positive response of 92.06%. Inferential analysis results show: (1) average value of higher order thinking skills of students taught with treffinger learning models with scientific approach greater than 40 (good enough category), (2) average normalized gain value is greater than 0,3 (medium category), (3) there is a significant increase in learning outcomes on students' higher order thinking skills before and after application of treffinger learning model with scientific approach. From the results of this study it can be concluded that learning by applying the Treffinger learning model with scientific approach is effectively applied to students of grade VIII SMP.
Keywords: Effectiveness, Treffinger learning model, Scientific approach, Higher Order Thinking Skills, Statistics

Full Text:

PDF

References


Alifiah, I. (2018). Kemampuan Creative And Critical Thinking melalui Model Pembelajaran Treffinger dengan Strategi Metakognitif untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 DAU Malang. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2). 76-85.

Asmi. (2015). Pengaruh Pendekatan Scientific terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 3(1). 45-58

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hugo, T.K. (2017). Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak

Permendikbud. (2013). Paparan Mendikbud tentang Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbud

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbud.

Kreathwohl. (2002). A revision of Bloom’s Taxonomy: an overview. Theory into Practice, 41 (4). 1-8.

Kurniati, D. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2). 142-155.

Munandar, S.C. U. (2009). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Musfiqon, H.M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo : Nizamia Learning Center

Sari, R.F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger pada Pembelajaran Matematika Dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Universitas Bung Hatta.

Thomas, A. & Thorne, G. (2009). How to Increase Higher Order Thinking. [online]. http://www.edl.org/article/how-to-increase-high-order-thinking//. Diakses pada tanggal 28 Januari 2019

Treffinger, D.J. 1980. A Preliminary Models of Creative Learning. Texas: Prufrock Press Inc

Wicasari, B. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada HOTS. Universitas Sanata Dharma.

Widiani, T. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(1). 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 276 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Awi Dassa, D. Dinar, R. Reni



 Index by: