Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI IPA

A. Aswin(1*), D. Djadir(2), R. Rusli(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed11053

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kecerdasan emosional, dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA di Makassar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 132 siswa dari kelas XI IPA SMA di Makassar yang dipilih dengan menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket efikasi diri, (2) angket kecerdasan emosional, (3) angket motivasi belajar, dan (4) tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi, (3) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (4) prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori sedang, (5) efikasi diri berpengaruh positif  terhadap prestasi belajar matematika siswa, (6) kecerdasan emosional berpengaruh positif  terhadap prestasi belajar matematika siswa, (7) ) motivasi belajar berpengaruh positif  terhadap prestasi belajar matematika siswa, (8) efikasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui variabel motivasi belajar, (9) kecerdasan emosional berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui variabel motivasi belajar.

Kata Kunci: Efikasi diri, Kecerdasan emosional, Motivasi belajar, Prestasi Belajar Matematika siswa.

Abstract. This study was conducted to determine effect of self efficacy, emotional intelegence, and learning motivation on Student’s mathematics Learning achievement of grade XI IPA of SMA at Makassar. This research is ex post facto research which is causality with research sample counted 132 students from class XI IPA SMA at Makassar selected by using random sampling. Technique of collecting data using instrument: (1) questionnaire of self efficacy, (2) questionnaire of emotional intelegence, (3) questionnaire of learning motivation, and (4)  test result of mathematics learning. Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics with path analysis. The result of the research shows that: (1) the student's self efficacy is in the high category, (2) the student's emotional intelegence is in the high category, (3) the student's learning motivation is in the high category, (4) student’s mathematics learning achievement in the medium category, (5)  student’s self efficacy directly  effect on student’s mathematics learning achievement, (6) student’s emotional intelegence directly  effect on student’s mathematics learning achievement, (7)  student’s learning motivation directly  effect student’s mathematics learning achievement, (8) student’s self efficacy indirectly  effect on student’s mathematics learning achievement through variable learning motivation , (9) student’s emotional intelegence indirectly  effect on student’s mathematics learning achievement through variable learning motivation.

Keywords: Self efficacy, Emotional intelegence, Learning motivation, Student’s mathematics learning achievement.


Full Text:

PDF

References


Alfiah.G, Opod.H &Sinolungan. J. S.V. (2013). Gambaran Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Negeri XI Manado. E-Biomedik,1(1).64-70.

Bandura, A (1994). Self-Efficacy. Encyclopedia of human behavior, 4.71-81.

Cleopatra. (2015). Pengaruh gaya hidup, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2).168-181.

Gusniawati.M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif,5(1).26-41.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hidayat, A. (2016). Pengaruh Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Solving dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Rumbio Jaya. Journal Cendekia,1(2). 01-10.

Jamil, M. (2015). Pengaruh kemampuan Numerik, kecerdasan emosional dan menghafal Alquran terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pasca Sarjana UNM, Makassar.

Muklis.Y.M & Sanhadi, K.C.D. (2016). Kontribusi Self-Efficacy Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (412-419). Surakarta, Indoneseia :Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mulyaningsih, I.E (2014). Pengaruh interaksi social keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar trehadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,20(4).441-451.

Rustika.I.M .(2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi,20(1-2).18-25.

Styawan.A.A. & Simbolon. D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. PPM,11(1).11-18.


Article Metrics

Abstract view : 771 times | PDF view : 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 A. Aswin, D. Djadir, R. Rusli



 Index by: