PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SD

Ai Herawati(1*),

(1) UPTD SDN 8 Banjar, Kecamatan Banjar Kota Banjar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.27171

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran. Ketidakaktifan siswa harus ditingkatkan supaya penerimaan materi dan proses pembelajaran berjalan lancar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran siswa kelas VI UPTD SD Negeri 8 Banjar, Kota Banjar. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah model pembelajaran yang digunakan yaitu Problem Based Learning (PBL) dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas VI sebanyak 11 orang siswa di UPTD SDN 8 Banjar. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Melihat hasil observasi, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat penting karena terkait dengan keberhasilan dan kemampuan siswa secara utuh. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI UPTD SD Negeri 8 Banjar Kota Banjar.

Keywords


Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Direktirat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003.

Kurikulum 2013 UPTD SDN 8 Banjar Tahun 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: UNIVERSITAS TERBUKA

Wardani, IGAK. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UNIVERSITAS TERBUKA


Article Metrics

Abstract view : 388 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ai Herawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License