PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VI SD
Ai Herawati
(1*),
(1) UPTD SDN 8 Banjar, Kecamatan Banjar Kota Banjar
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.27171
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran. Ketidakaktifan siswa harus ditingkatkan supaya penerimaan materi dan proses pembelajaran berjalan lancar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran siswa kelas VI UPTD SD Negeri 8 Banjar, Kota Banjar. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah model pembelajaran yang digunakan yaitu Problem Based Learning (PBL) dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas VI sebanyak 11 orang siswa di UPTD SDN 8 Banjar. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Melihat hasil observasi, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat penting karena terkait dengan keberhasilan dan kemampuan siswa secara utuh. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI UPTD SD Negeri 8 Banjar Kota Banjar.
Keywords
Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar
References
Departemen Pendidikan Direktirat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003.
Kurikulum 2013 UPTD SDN 8 Banjar Tahun 2021
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: UNIVERSITAS TERBUKA
Wardani, IGAK. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UNIVERSITAS TERBUKA
Article Metrics
Abstract
view : 384 times |
PDF view :
152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ai Herawati
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License