PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 334 BINUANG KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA

Batak Batak(1*),

(1) SD Negeri 334 Binuang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i1.24297

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Negeri 334 Binuang Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.Subjek penelitian ini adalah Guru SD sebanyak 10 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1). Sebelum diberikan pembinaan melalui supervisi Akademik pengawas maka memperoleh nilai rata-rata yaitu dari 65,00 % pada siklus I dan 76,00 % pada siklus II, berarti ada kenaikan sebesar 11,00 %, 2)Terjadi peningkatan kinerja setelah selesai diberikan pembinaan melalui supervisi Akademik Kepala Sekolah maka memperoleh nilai rata-rata yaitu dari 76,00 % pada siklus II dan 86,50 % pada siklus III, berarti ada kenaikan sebesar 11,50 %,. 3)Kinerja guru meningkat dari setiap siklus, dapat dilihat pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 65,00 % dan yang tidak tuntas 6 orang atau 60,00 % dan 4 orang yang tuntas atau 40,00% , pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,00 % dan yang tidak tuntas 1 orang atau 10,00 % serta yang tuntas 9 orang atau 90,00 %, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 86,50 dan yang tuntas 10 orang atau 100,00 % sedangkan yang tidak tuntas 0 orang atau 0,00 %dan 4). Aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukkan bahwa seluruh guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam setiap aspek, utamanya setelah pengawas menununjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui supervisi Akademik bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat.


Keywords


Hasil belajar , kinerja guru,supervise akademik

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dan Era Globalisas. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

.2007. Penelitian Tindakan Kepengawasan. Jakarta : PT.Bumi

Aksara

Atmowidiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Pengawas,

Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina

Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, Conny. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta:

Journal Pendidikan.

Sergiovani, Cs. 1975. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for

Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum Development. 1979. Supercission: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill Book Companya.

Suyanto dan Djihad Hisya. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Adi Cita. Yogyakarta.

Tilaar, 1987. Futurisme dan Pengambilan Kebijakan Pendidikan Menyongsong Abad- 21. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Perencanaan Pendidikan IKIP Jakarta.

Yusuf A. Hasan. 2002. Pedoman Pengawasan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum. Mekar Jaya. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Batak Batak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License