Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Melalui Program Pembinaan Profesional Guru dan Supervisi Kelas di SMA Negeri 1 Simboro Kabupaten Mamuju

Sudirman Sudirman(1*),

(1) SMA Negeri 1 Simboro Mamuju
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i1.23795

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam mengefekifkan pembelajaran melalui program pembinaan profesional guru dan   supervisi kelas di SMA Negeri 1 Simboro tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 12 orang guru yang perlu ditingkatkan kemampuannya dalam mengefektifkan pengelolaan pembelajarannya. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah bila terdapat peningkatan kemampuan mengefektifkan pengelolaan pembelajaran melalui pembinaan profesional guru dan supervisi kelas. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan  dalam mengefektifkan pengelolaan pembelajaran pada siklus I yaitu yang memperoleh nilai A sebesar 25% nilai B sebesar 25% dan nilai C sebesar 50%, pada siklus II yang memperoleh nilai A sebesar 50% nilai B sebesar 41,67% dan nilai C sebesar 83,3%, sedangkan pada siklus III yang memperoleh nilai A sebesar 66,67% nilai B sebesar 25% dan nilai C sebesar 83,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui program pembinaan profesional guru dan supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengefekifkan pembelajaran. Dengan demikian disarankan kepada kepala sekolah bahwa melalui program pembinaan profesional guru dan supervisi kelas dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengefekifkan pembelajaran

Keywords


Kemampuan guru, profesionalisme, supervisi

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Modul Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Ditendik Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Kumpulan Materi Peningkatan Ketrampilan Manajerial Pengawas Sekolah, Jakarta

Depdiknas. 2005.Kumpulan Permen Diknas tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Panduan KTSP.Jakarta.

Depdiknas.2007. Permen Diknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13. 2007 Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tenatng Standar Proses. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarata: Ditendik Ditjen PMPTK Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Supervisi Akademik. Jakarta: Pusbangtendik BPSDM dan PMP Kemdiknas.

Piet A. Sahertian. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Supervisi Akademik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim PKP FKIP UT. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2012. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana: Jakar


Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sudirman Sudirman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License