Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapapan Tipe Picture And Picture Siswa Kelas IV SD

Nursiah Nursiah(1*),

(1) SD Negeri 3 Sambung Jawa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.23619

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan tipe Picture and Picture siswa kelas IV di SD Negeri 3 Sambung Jawa. rendahnya hasil nilai pre tes siswa dari nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Solusinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Sambung Jawa dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan soal tes, pengamatan langsung dan perekaman aktivitas. Data yang diperoleh dari hasil tes analisis dengan menggunakan statistik ragam persentase. Indikator keberhasilan penelitian bila hasil belajar siswa mengalami  peningkatan dari siklus I ke siklus II berada dalam kategori baik dan sangat baik minimal 80% – 89 %. Dalam menggunakan tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sambung Jawa. siklus I hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 70 kategori cukup meningkat menjadi 88 kategori baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari 38,1%  pada siklus I menjadi 100%  pada Siklus II.


Keywords


peningkatan hasil belajar, IPS, picture and picture, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal. 2014. Model-model Pembelajaran. Yrama Widya. Jakarta

Arif, Tiro, Muhammad. Dasar-dasar Statistika Edisi Revisi; Makassar: State Universitas of Makassar Press. 2003.

Arikunto, Suharsimi 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Dakir. 2010. Perencanaan & Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdikbud, 1997. Studi Kasus. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Didik Ishak dan Sardjoyo, pendidikan IPS di SD, Universitas Terbuka, Jakarta tahun 2007.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Endang. Linda. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V. Jakarta: Aneka Ilmu.

Hidayati dkk. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hidayati. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Komalasari, Kokom 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung : PT. Refika Aditama.

Mulyasa, 2009.Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. RemajaRosdakarya.

Munandar, Utami 2009. Pengembangan Kreativitas anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim, 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesinalisme guru). Bandung: Penerbit Rajawali Pers.

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sardiman, 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit PT. Rajawali Pers.

Soewarso dan Susila. 2010. Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.


Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nursiah Nursiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License