Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Barru

Hariyanto Hariyanto(1*), St Maryam(2), Zaid Zainal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 146 Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan proses belajar pada mata pelajaran matematika tentang pengumpulan data di kelas V UPTD SD Negeri 146 Barru dan Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran matematika tentang pengumpulan data dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SD Negeri 146 Barru. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V berjumlah 23 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori B, untuk hasil observasi siswa berada pada kategori C dan hasil tes belajar matematika siswa menunjukkan ketuntasan 44,4% dari nilai rata-rata 72,2. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori B, untuk hasil observasi siswa berada pada kategori B dan hasil tes belajar matematika siswa menunjukkan ketuntasan 81,2% dari nilai rata-rata 85. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 146 Barru.

Kata Kunci: Model kooperatif, Example Non Example, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif. Gowa : Pusaka Almaida.

Kusuma, Y. W., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2018). Keefektifan Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas. Mimbar Ilmu, 23(2), 167–172.

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaat Bagi Guru. Bandung : CV. Media Sains Indonesia.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran. Surakarta : CV Kekata Group.

Maryam, S. M. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(2), 112–121.

Muliawan, J. U. (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesional Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta : Deepublish.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli. Malang : Ahlimedia Press.

Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2018). Pendidikan Matematika 1 Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2009, 1–9.

Ramadhani, Y. R., Masrul, Ramadhani, R., Rahim, R., Tamrin, A. F., Santy, D., Purba, A., Tasnim, Agustin, T., Prianto, C., & Simarmata, J. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, P., & Sudana. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2).

Sriyanto. (2017). Mengobarkan api matematika. Sukabumi : CV Jejak.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sutrisno, T. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar (The Art Of Basic Teaching). Madura : Duta Media Publishing.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil. Yogyakarta : Deepublish.

Werdiningsih, I., Nuqoba, B., & Muhammadun. (2020). Data Mining Menggunakan Android, Weka, dan SPSS. Surabaya : Airlangga University Press.

Yayuk, E., Ekowati, D. W., Suwandayani, B. I., & Ulum, B. (2018). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Yulianto, N. A. B., Maskan, M., & Utaminingsih, A. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang : Polinema Press.

Zainal, Z., & Maryam, S. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ssiswa Kelas II SDN 79 Parepare. Journal of Matematics Education and Science, 5, 1–7.


Article Metrics

Abstract view : 248 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)