Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Sekolah Dasar

Nur Annisa(1*), Kamaruddin Hasan(2), Shasliani Shasliani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran Concept Sentence tentang Aku Suka Berpetualang untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 146 Barru. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang diawali dengan kegiatan pratindakan kemudian setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III UPTD SD Negeri 146 Barru tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 72,5 untuk siklus I dan 85,7 untuk siklus II. Terdapat 17 siswa telah mencapai SKBM, hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menyusun paragraf siswa di kelas III UPTD SD Negeri 146 Barru mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Concept Sentence, Menyusun Paragraf, Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Rajawali Pers.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fajriani, R., Djuanda, D., & Sudin, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Permainan Detective Sherlock Holmes and the Adventure Book. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 161–170. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9649

Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif (Suatu Panduan Menjadi Guru Profesional). Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Inayatun, S. (2017). penerapan model concept sentence untuk meningkatkan kemampuan menyusun paragraf pada kelas III SDN keboansikep. Penerapan Model Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Pada Kelas III SDN Keboansikep.

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Variatif. CV. Berkah Utami.

KEMENRISTEKDIKTI. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Pemerintah Republik Indonesia.

Mujiati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning Pada Materi Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar Siswa Kelas V a Sd Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 179. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4100

Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. CV. Budi Utama.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Panji, S., & I Dewa Nyoman Sudana. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Panji Setiawan , I Dewa Nyoman Sudana Jurusan PPG PGSD Prajabatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , Indonesia. 2(3), 238–247.

Rosana. (2019). Belajar Menulis PTK. Uwais Inspirasi Indosia.

Rukajat, A. (2018). Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.

Saputra, R. R. (2020). Bahasa Indonesia. Deepublish.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Sujana, I. W., Ganing, N. N., & Putri, N. L. P. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jounal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 223.

Syafaruddin, Supiono, & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (M. K. M. P. T. K. (2019). 1. Syafaruddin, Supiono & Burhanuddin. Guru (ed.)). Deepublish.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing.

Wahid, A. S., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Concept Sentence di Kelas Tinggi. VI.

Yusuf, Y., & Aulia, U. (2011). Sirkuit Pintar (Melejitkan Kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga). Transmedia Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)