Evaluasi Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kota Makassar

Asriani Asis(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Suarlin Suarlin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match murid Kelas IV SD Inpres Mangasa I Kecamatan Rappocini Makassar 2) hasil belajar IPS murid kelas IV SD 3) pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV SD. Pendekatan Penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Variabel bebas adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar IPS pada tema Lingkungan Tempat Tinggal dan Jenis-jenis Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SD Inpres Mangasa I Kecamatan Rappocini Makassar, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A dengan jumlah murid 24 orang sebagai kelas control dan kelas IV B dengan jumlah murid 24 orang sebagai kelas eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalet Control Group. Pemilihan sample menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji normalitas dengan uji Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan data posttes berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan data posttes kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh hasil belajar IPS. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV SD Inpres Mangasa I Kecamatan Rappocini Makassar.

Kata Kunci: Hasil  belajar, pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Make A Match


Full Text:

PDF

References


Achmad, W. K. S., Jauhar, S., Nonci, D., & Syawaluddin, A. (2018). Konsep Dasar IPS. Gowa: Agma.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bundu, P. (2016). Asesmen Pembelajaran (Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar). Padang: Hayfa Press.

Destiningsih. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Dirman dan Juarsih. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khasanah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Make A Match terhadap Pemahaman Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia Semarang. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Fisika, 2(2).

Neolaka, Amos dan Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.

Ruhimat, T. dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sulfemi, W. B. A. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasli Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 1(1).

Sumantri, M. S. (2015). Model Pembelajaran Teori dan Praktikdi Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supardi. (2016). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning (Teori & Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)