Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kota Makassar

Dinda Lestari Hamka(1*), Mantasiah Mantasiah(2), Enung Mariah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang faktor kesulitan siswa kelas VII MTs. Miftahul Khair Hartaco Makassar dalam membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampel total. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor kesulitan siswa Kelas VII  dalam membaca teks bahasa Arab dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor. Pertama, faktor internal termasuk pengalaman belajar bahasa Arab siswa, kompotensi bahasa siswa, kurang minat membaca siswa, dan motivasi siswa rendah. Kedua, faktor eskternal, termasuk lingkungan siswa, metode pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya media pembelajaran yang digunakan.

 

Kata Kunci : Analisis Faktor Kesulitan, Membaca, Teks Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


A Adiningtiyas, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten. 7. Jakarta: Dimensi.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Harras, K. & Sulistianingsih, L. (1997). Membaca I. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Haryadi. (2006). Pokok-Pokok Keterampilan Membaca. Semarang: PKUPT. UNNES.

Herman, S. (2011). Buku Ajar Asuhan Keperawatan. Bandung: Depkes.

Lestari, S. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Directed Reading Thinking. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Nuha. (2012). Metodologi Pembelejaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Mardiyah, U. A. (2007). Faktor-faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab & Implikasinya. terhadap Prestasi Belajar Mengajar. Skripsi Sarjana pada FPBS UPI Bandung

Martini, J. (2003). Kesulitan Belajar Perspektif, Asemen, dan Penanggulannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyono, A. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yokyakarta: Teras.

Mustika, K. (2015). Problematika Siswa dalam membaca dan Menulis Bahasa Arab di Kelas IV MI Al Hasan Karanggedan Kecamatan Sumpiah Kabupatem Bayumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Malang.

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pearson. (2011). Dalam S. Somadayo, Teknik dan Strategi Pembelajaran Membaca (p. 30). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surayin. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Analisis, Yrama Widya.

Satori, D & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutarjo, J. (2009). Paradigma Penguasaan Membaca dalam Bahasa Arab Lulusan PBA. [Online]. Tersedia: http://tarjo2009.blogspot.com/2009/12/paradigma-penguasaan-membaca dalam.html. [15 Maret 2015].


Article Metrics

Abstract view : 806 times | PDF view : 982 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)