Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang

Nur Hikmah(1*), Fatkhul Ulum(2), Mantasiah Mantasiah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan  kosakata bahasa Arab dalam  pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 62,72% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 82,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Arab.

 

Kata Kunci: Media gambar seri, penguasaan  kosakata


Full Text:

PDF

References


Anugrah, Muhammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera.

Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dahlia S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Mitra Grafika Edukasi.

Fajriah, Z. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar. Pendidikan Usia Dini. Vol. 9, no. 1: 111

Hakim, Rifqi Aisyul Fakih. 2016. Efektivitas Media Gambar Seri Dengan Teknik Cerita Berantai Untuk Penguasaan Mufradat dan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs N 1 Surakarta. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Hasyim, S. 2016. “Keefektifan Pembelajaran Mufradat untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Santri Dayah di Kota Banda Aceh.” Jurnal LISANUNA (لسـانـنـا): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya. Vol. 5, no. 1: 145.

Ibda, H. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Khasanah, Nurrul. 2016. Peningkatan Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugraheni, Catur. 2010. Pemanfaatan Media Gambar Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Pada Siswa Kelas V (lima) Al- Iman Banaran Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Susilana, R., & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: CV. Wacana Prima.

Yusuf, A.M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 363 times | PDF view : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)