Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat DiKabupaten Enrekang

Adinda Pradita(1*), Lukman Lukman(2), Abdul Hakim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan metode Bermain Peran: untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Ekonomi siswa Kelas IV UPT SD Negeri 94 Balla. Pendekatan yang dingunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelsanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD negeri 94 Balla pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Analisis data dilakukan selama pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar tujuh puluh lima pada siklus I dan sebesar delapan puluh tujuh pada siklus II sebanyak 15 siswa telah mencapai SKBM. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi di kelas IV UPT SD Negeri 94 Balla mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anggito, D & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CVJejak.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Dosen Fakultas Tarbiah IAIN Ar-Raniry.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Djamarah, S. B., & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2017). Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca. Penerbit Garudhawaca.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Juliardi, B. (2015). Juliardi, Budi. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. Vol. 2 (2): 120. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika., Vol. 2 (2), 120.

Kemendikbud. (2014). Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kertia. Nyoman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2, 25–29.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Ramaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Sujana, W. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Berbantuan Media Wayang Terahadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 75-81.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana.

Umi, C. (2020). Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Wunarti. (2013). Penerapan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II. Skripsi Universitas TanjungPura Pontianak.


Article Metrics

Abstract view : 325 times | PDF view : 574 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)