Hubungan Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Jeneponto

Nur Ismi Wibowo(1*), Khaerunnisa Khaerunnisa(2), Nurhaedah Nurhaedah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pemberian reward dan punishment terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran IPA Kelas V SD Inpres No.122 Tamanroya Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment sedangkan variabel terikat adalah kedisiplinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres No.122 Tamanroya Jeneponto sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas V V SD Inpres No.122 Tamanroya Jeneponto dengan jumlah siswa kelas V A 24 siswa dan V B 22 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket reward dan punishment, serta kedisiplinan kepada siswa kelas V SD Inpres No.122 Tamanroya Jeneponto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil pembagian angket reward dan punishment, serta kedisiplinan dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Product Moment. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pemberian reward dan punishment terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran IPA Kelas V SD Inpres No.122 Tamanroya Jeneponto dengan tingkat hubungan kuat.

 

Kata Kunci: Reward, Punishment, Kedisiplinan, IPA


Full Text:

PDF

References


Ali Imron. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Anita Woolfolk. (2009). Educational Psychologi: Aktif Learning Education, Terjemahan Helly Prajitno dan Sri Mulyartini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Han, E. S., daniel, A. goleman, Richard, boyatzis, & Mckee. (2016). Pemberian Reward Dan Punishmentsebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V Di Sdn 15 Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru, 1(2), 11–18.

Maria J. Wantah. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mata, D., Ikbal, K., Pd, S., & Pd, M. (2021). Program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan universitas negeri makassar 2021. 122.

Mila Sabartiningsih, Jajang Aisyul Muzakki, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam. Jurnal Pendidikan Anak, 4, 60–77.

Ngalim Purwanto. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113

Pradnyani, Rahmawati, & Dkk. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 21–30.

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332

Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik dengan Penerapan Reward dan Punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69–73. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.663

Sitasari, N. W., Rahmawati, W., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2020). Vol 4 . No . 2 DESEMBER 2020 ISSN : 25805851. 4(2).

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10.


Article Metrics

Abstract view : 198 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)