Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Takalar

Novita Puspa Dewi(1*), Hamzah Pagarra(2), Khaerunnisa Khaerunnisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui gambaran penggunaan media video pembelajaran IPA, gambaran hasil belajar siswa dan untuk mengetahui penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu penggunaan media video pembelajaran dan dependen yaitu hasil belajar siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No 141 Inpers Pa’rappunganta II dengan sampel 22 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tehnik sampling purposive. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang di gunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil hipotesis statistik Inferensial kelas eksperimen 0,200 dan kelas kontrol 0,57 sehingga dapat dikatakan berdistribusi norma dan uji hipotesis inferensial menunjukkan  adanya pengaruh yang signifikan penerapan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar.

 

Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindoPersada. Jombang.

Bundu, Patta. (2016). Asesmen Pembelajaran. Makassar. Hayfa Press.

Cahyani, R., & Karyanto, P. (2016). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Biosfer Pada Siswa Kelas Xi Ips. 2(2). (Diakses pada tanggal 19 Februari 2020)

Fathurrahman, khoiru ahmadi, sofan amri, hendro ari setyono. (2012). Pengantar Pendidikan. Prestasi Pustaka. Jakarta Pusat.

Hendra. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Makassar: UNM PGSD.

Jannah, Syahratul. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Makassar: UNM PGSD.

Jauhar, Mohammad. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik. Alfabeta. Jakarta Selatan

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. PT Refika Aditama. Bandung.

Musfiqon. (2012). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Peraturan Menteri 22 Tahun (2006). Tentang Ilmu Pengetahuan Alam.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun (2007) Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Jakarta: Rajawali Press.

Rajenia. (2018). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual (Video Pembelajaran) terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDI Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. skripsi. Makassar: UNM PGSD.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana. Samarinda.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Bandung.

Trianto. (2010). model pembelajaran terpadu. jakarta: bumi aksara.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri 22 Tahun (2006). Tentang Ilmu Pengetahuan Alam


Article Metrics

Abstract view : 522 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)