Hubungan Antara Penguasaan Mufradat (Kosakata) Dengan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Di Kota Makassar

Riska Riska(1*), Muh Bachtiar Syamsuddin(2), Misnawaty Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian korelasinoal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mencari hubungan antara penguasaan kosakata (mufradhat) dengan kemampuan membaca memahami bahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Ar-Rahma Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata (mufradat), sedangkan variabel terikatnya kemampuan membaca memahami bahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam terpadu Ar-Rahmah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah Makassar  yang berjumlah 27 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah Makassat. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes penguasaan kosakata (mufradat) dan tes kemampuan membaca memahami bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata (mufradat)  terhadap kemampuan membaca memahami bahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Ar-Rahma Makassar. Hal ini berdasarkan hasil analisis statistik inferensial korelasi bivariate pada taraf signifikansi.α=0,05 diproleh  Thitung (0,8260) < Ttabel  (1,7081) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata (mufradat) dengan kemampuan membaca memahami bahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah Makassar.

 

Kata Kunci: Hubungan, Penguasaan Kosakata (Mufradat), Membaca Memahami Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Junus, Andi Muhammad dan Junus, Andi Fatimah. 2011. Keterampilan Berbahasa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

KKBI edisi ke tiga. 2005 Jakarta: Balai Pustaka Hal. 708.

Muhidin S. A. (2017) Analisis Korelasi, Regresi. dan Jalur dalam Penelitian: Dilengkapi Aplikasi Program SPSS. Bandung: Pustaka Setia.

Nurgiyanto, B. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. 2018. Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oktaviani dan Setiawati. 2016. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Teks Biografi Berbahasa Jerman. Skripsi di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Tarigan. 2011. Pengajaran Kosakata.Bandung: Angkasa Bandung.

Taufik R. 2021. Wawancara: SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah Makassar.

Yusdi, Milmal. 2011 Pengertian kemampuan: Journal (online) hhtp//milmamnyusdi.blogsppot.com/2011/07/pengertiankemampuan.html hhtp://alumni1pleret.forumotion.net/fisika-f5/pengertian-fisika-t9.htm.

Zulhannan. 2015. Teknik Pengembangan Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 320 times | PDF view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)