Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru

Nurhidaya Haris(1*), St Maryam(2), Nurul Mukhlisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa kelas V UPTD SDN 178 Barru Kabupaten Barru belum mencapai SKBM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran matematika tentang volume kubus dan balok melalui penerapan metode pembelajaran reward and punishment di kelas V UPTD SDN 178 Barru Kabupaten Barru dan untuk mengetahui penerapan metode reward and punishment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran matematika tentang volume kubus dan balok di kelas V UPTD SDN 178 Barru Kabupaten Barru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Fokus penelitian ini yaitu fokus proses dan hasil. Penelitian dilaksanakan di UPTD SDN 178 Barru Kabupaten Barru dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 12 orang. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode reward and punishment dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika siswa kelas V UPTD SDN 178 Barru Kabupaten Barru.

 

Kata Kunci: Reward and punishment, hasil belajar matematika, volume kubus   dan balok


Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2017). PENGEMBANGAN MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM DINAMIKA BELAJAR SISWA. Deepublish Publisher.

Djamarah. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2, 454–468.

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882.

Hasanah, M. (2015). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar mata pelajaran ips siswa kelas vii smp nu pakis malang skripsi.

Herviani Kurnia Vivi, Istiana, Tri Budi Sasongko, Lingga, F. R. (2018). EVALUASI PESERTA DIDIK SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BONTANG. 1(70), 146–153.

Kuntjojo. (2009). Metodologi Penelitian. In Metodologi Penelitian. https://ebekunt.files.wordpress.com/2009/04/metodologi-penelitian.pdf

Muliawan, Ugguh, J. (n.d.). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. AR-RUZZ MEDIA.

Sudirman & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas.

Syahputra, E. (2020). SNOWBALL THROWING TINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Haura Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Yayuk, E. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Universitas Muhammadiyah Malang.

Zainal, Zaid, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Drs. Y.S. Pasinggi, M. P. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA II. Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 453 times | PDF view : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)