Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga Di Kabupaten Bone

Muspitatul Khusnah(1*), Ritha Tuken(2), Lukman Lukman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan miat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Blok Pecahan pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III UPTD SDN 158 Pattuku Limpoe Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Pre-Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive dengan jumlah sampel 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Lembar Observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini yakni rata-rata sebelum pemberian treatment (pretest) media blok pecahan yaitu 54,36 berada pada  kategori tidak berminat dan setelah pemberian treatment (posttest) yaitu 83,47 berada pada kategori berminat. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test menunjukkan Sig (2-tailed)  0,05 atau 0,000  0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguaan media blok pecahan berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas III UPTD SDN 158 Pattuku Limpoe, Kabupaten Bone.

 

Kata Kunci: Media Blok Pecahan, minat belajar


Full Text:

PDF

References


Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Halimah, I. N., Jenny, I. P., & Djaelani. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Jatisrono. 1(7), 1–6.

Hayati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Oktavia, Y., & Purwanto (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 1(2.1), 1–10.

Pasinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2018). Pendidikan Matematika 1 Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Sariyanto, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan dan Media Realita Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri Pilang 1 Maseren Sregen. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2010). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Susanti, M. N. I. (2010). Statistik Deskriptif dan Induktif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulfah, M. (2014). Penggunaan Alat Peraga Blok Peccahan dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Cakung Barat 04 Pagi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)