Evaluasi Perkalian Dengan Metode Garis Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kota Parepare

Nur Afrah(1*), Yulia Yulia(2), Muslimin Muslimin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan penerapan perkalian metode garis dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada materi perpangkatan siswa kelas IV UPTD SDN 65 Parepare dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar perkalian pada materi perpangkatan siswa kelas IV UPTD SDN 65 Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 65 Parepare, sebanyak 10 siswa yang terdiri dari  5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Tiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan belum tercapai dengan kategori kurang. Pada siklus II hasil pembelajaran telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan proses dan hasil belajar pada materi perpangkatan melalui penerapan perkalian metode garis pada siswa kelas IV UPTD SDN 65 Parepare.

 

Kata Kunci: Perkalian Metode Garis, Hasil Belajar, Perpangkatan

 


Full Text:

PDF

References


Alfarizi, M. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Play) Berbantu Setting Kelas Formasi Huruf U Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Materi Pokok Sistem Pemerintahan Pusat Di Kelas IV Mi Al Khoiriyyah 01 Semarang.

Auliyah, M. Fajar. (2012)., Mastermatika Dahsyat: Tambah, Kurang dan Perkalian.

Harisandy, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah Smk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 27.

Hidayah, N. (2017). Pengaruh penggunaan teknik cross-line terhadap pemahaman konsep matematika pada materi perkalian kelas iii sdn cempaka putih 01 ciputat tahun ajaran 2016-2017. 2017.

Mi, D. I., & Brebes, N. (2019). Matematika Materi Pokok Perkalian.

Mundir, H. 2012. Statistik Pendidikan. STAIN Jember Press. Jember, Jawa Timur

Syam, Nurminsuari. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X Smas Handayani Sungguminasa. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

Syam, N., & Ramlah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1612

Wijayanti, E. S., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Walisongo, N. (2015). Mi Gisikdrono Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)