Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Soppeng

Nur Afrah(1*), Yulia Yulia(2), Muslimin Muslimin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berdasar pada masalah yang sering terjadi yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa kelas IV UPTD SPF SDN 51 Tonronge Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV dengan penerapan model  pembelajaran  kooperatif  tipe  snowball throwing. Pendekatan yang  digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa tentang kegiatan ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa, yang berjumlah 13 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas IV UPTD SPF SDN 51 Tonronge Kabupaten Soppeng.

 

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, snowball throwing, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13.

Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS PELAJARAN DAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. Edueksos, III(2)

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Historia, 4(2), 131.

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1–12.

Mahmud, & Priatna, T. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. International Journal of Physiology, 6(1), 2018.

Mirdanda, Arsy. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik. Pontianak: YUDHA English Gallery

Muyaroah, S. (2013). Efektifitas model pembelajaran. Journal of Curriculum Indonesia, 2(1),25-31

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: KENCANA

Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA

Umrati, Wijaya, Hengki. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray


Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)