Hubungan Antara Kecemasan Belajar, Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Selama Study From Home Di Kabupaten Bantaeng

Apriani Apriani(1*), Farida Aryani(2), Abdul Saman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menelaah hubungan antara kecemasan belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X selama Study From Home di SMK Negeri 1 Bantaeng. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian  deskriftif korelasional dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bantaeng sebanyak 358 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian sebanyak 141 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala kecemasan belajar, motivasi belajar dan dokumentasi pada raport siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kecemasan belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar selama Study From Home siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bantaeng. Berdasarkan hasil analisis menggunakan deskriptif untuk kecemasan belajar 76 orang (54%) kategori sedang, motivasi belajar 81 orang (58%) kategori sedang, dan hasil belajar 111 orang (78.8%) kategori baik. Adapun hasil analisis statistic product moment melalui aplikasi SPSS 21.0 diperoleh nilai korelasi 46,37%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecemasan belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X selama Study From Home di SMK Negeri 1 Bantaeng.

 

Kata Kunci: Kecemasan  Belajar,  Study From Home,  Motivasi  Belajar, dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


A.M. Sudirman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : PT. Raja Grafindo Prasada.

Akdon Ridwan, 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik, Bandung: Alfabeta.

Alfarishi Randhy, dkk. 2021. Hubungan Kecemasan Mengikuti Tes dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vol. 3, No 1, Februari 2021 : 2656-1697.

Amiruddin, Barkat. 2020. Persepsi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Belajar Dari Rumah, Jurnal As-Sala, Vol 41 Januari – Juni.

Arif Tiro, Muhammad. 1999. Dasar-Dasar Statistika. Cetakan Pertama. Makassar. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Pt Rineka Cipta.

Ariyanti Ita, 2010. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap prestasi Belajar Mahasiswa progran studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang 2008/2009.

Ariyanto Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar ipa Materi Kenampakan Rupa BUMI Menggunakan Model SCRAMBLE. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Volume 3 Nomor 2. ISSN 2503-3530.

Aswar Saifuddin. 2012. Realibilitas dan Validasi, Edisi 4 Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Atkinson. 2001, Pengantar Psikologi. Jakarta: Interaksa.

Azwar, S . 2000. Sikap Manusia. Teori Dan Pengukuran. Yogyakarta, Liberty.

Calchoun, James, F Dan Acocella, Joan Ross. 1990. Psychology Of Adjustment And Relations. Mc Graw Hill Publissing Company.Smp 26 Semarang). Jurnal Psikologi Universitas Diponogoro Vol 3 No 1 Juni 2006.

Daradjat Z. 1996. Kesehatan Mental. Jakarata. PT. Gunung Agung.

Djiwandono, Sri Esti Wahyuni. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Grasindo.

Fadillah Azizah Nurul, 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 Melalui Publikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volme 5, Issue 1 (2021). ISSN 2549-8959.

Febiana Dkk. 2019. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X Sma Negeri Insane Tengah Maubesi. Jurnal Pendidikan Biologi Be 4(3) Desember 2019 H 118-129.

Ghurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan . Suatu Pendekatan Sepanjang Tentang Kehidupan. Ahli Bahasa : Istiwidayanti Dan Soedardjarwo, Jakarta : Erlangga.

Haber, A Dan Ruyon. 1984. Psychology Of Adjustement Illionis, Usa : The Dorsey Press.

Hamzah B, Uno. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handarini Oktafia Ika, Wulandari Sitti Sri. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi. Volume 8 Nomor 3. E-ISSN 1551-2338.

Hartono Dan Boy Soedarmadji. 2013. Psikologi Konseling. Jakarta. Kencana Predana Media Group.

Haryu Islamuddin. 2012. Psikologi Pendidkan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hasan., Muh Iqbal. 2008. Pokok Pokok Materi Statistik. Cet. V. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutauruk Pido, Simbolon Rinci. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Masa Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon. School Education Journal (SEJ). Volume 8 Nomor 2. E-ISSN 2407-4926.

Munasiah. 2015. Pengaruh Kecemasan Belajar Dan Pemahaman Konsep Matimatika Nsiswa Terhadap Kemanpuan Penalaran Matimatika. Jurnal Formatif 5(3) : 220-232. H 224.

Novita Eka Indiyani, Anita Listiara. 2006. Metode Pembelajaran Gotong Royongcomperatif Learning Untuk Menurungkan Kecemasan Siawa Prayitno Dan Erman Amri, 2009. Dasar Bimbingan Dan Konseling.

Priyanto, Dkk. 2015. Pembelajaran Melalui Pelayanan Bk 1 Satuan Pendidikan, Paramitra Publishing : Jakarta.

Purwanto. 2004. Psikologi Pendidikan, Bandung Remaja Rosdakarya.

Rostrieningsih, Maisaroh. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 8 Nomor 2.

Santoso Singgih. 2002. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Alex Media.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Santrock, J. W. (2015). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari Rachmawati Indah Permatasari. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 11 Oetang Jakarta Timur. Jurnal Pedagogik Volume II Nomor 1.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sujarwo, Khairun Nisa. 2020. Efektifitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5, Issue 1 (2021). ISSN 2549-8959.

Sulistyowati, Ani. 2005. Hubungan Kecemasan Saat Menghadapi Ujian Nasional Dengan Prestasi Siswa . Yogyakarta : USD.

Susanti, Eka Dkk. 2017. Pengaruh Kemanpuan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Melalui Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Motivasi Belajar Sebagai Intervening. Economic Education Analysis Journal.

Susanto Eri, Deapalupi Aisyah Putri. 2020. Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Study From Home (SFH) di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual. Volume 4 Nomor 4. E-ISSN 2598-2877.

Syarifuddin, Aulia Dkk. 2019. Hubungan Anatara Kecemasan Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekan Baru. Jurnal Pajar Volume 3 Nomor 4. ISSN 2614-1337.


Article Metrics

Abstract view : 228 times | PDF view : 845 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)