Penerapan Model Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Barru

Virsa Fatimah Azzahra Rusman AR(1*), St Maryam(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe explicit instruction. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi,  dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi  akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 146 Barru pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 19 orang siswa terdiri dari  9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar enam puluh lima koma tiga pada siklus I dan sebesar tujuh puluh koma tiga pada siklus II sebanyak 13 siswa telah mencapai SKBM. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi statistika di kelas IV UPTD SD Negeri 146 Barru mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Model kooperatif, explicit instruction, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.

Anwar, A. S., & Lapenia, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sembawa. Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 52–59.

Arif, & Saputra, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan., 7(2), 20–28.

Darmiyati, D., & Hasanah, R. N. (2017). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Probing Prompting Dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Vidya Karya, 32(2), 139. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5231

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Historia, 4(2), 131. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.553

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.

Lestari. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

M, S. M. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Materi Simetri Putra dan Lipat Bangun Datar melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, III(3), 199–208.

Maharani, A. (2014). Psikologi Pembelajaran Matematika Di Smk Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Euclid, 1(2), 70–81. https://doi.org/10.33603/e.v1i2.346

Maryam, S. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Materi Simetri Putra dan Lipat Bangun Datar melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(3), 199–208.

Nunung Adik Permana, Siswandari, E. I. (2015). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR APLIKASI PENGOLAH ANGKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBASIS ICT. 1(3)

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2(2), 1–10.

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, & Getan, M. A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching dan Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83–92.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Pendidikan, Jurnal Indonesia Dasar. September, 35–40.

Rofiq, M. N. (2010). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Falasifa, 1(1), 1–14.

Sari, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 056008 Marlintung Tahun Ajaran 2019/2020 (Vol. 21, Issue 1).

Setiawan, P., & Sudana. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Syamsuddin, A., Jannah, M., & Kristiawati, K. (2019). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Kapasa Makassar. MaPan, 7(1), 136–154. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a11

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Raya. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. UU No.20, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Wulandari, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas II SD Negeri II Kemloko dengan Menggunakan Model Make a Match. Jurnal Taman Cendekia, 1(2).

Yumiarti, Dewi Sismira, Efrizon, A. H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis Kelas Xi Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Rpl) Di Smk Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. 164(7), 96–99.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)