Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Tana Toraja

Enjelita Kawanan(1*), Lukman Lukman(2), Zaid Zainal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada siswa kelas V SD Negeri 173 Kayuosing Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 173 Kayuosing setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Hasil ini dibuktikan dengan nilai pra penelitian dari 20 siswa keseluruhan hanya 6 siswa yang memperoleh nilai SKBM ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 30% mengalami peningkatan pada siklus I dari 20 siswa keseluruhan 12 siswa memperoleh nilai SKBM ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 60%. Kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II dari 20 siswa keseluruhan 16 siswa memperoleh nilai SKBM ≥ 70 dengan persentase ketuntasan mencapai 80%.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran course review horay, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arsani, N. W., Putra, D. B. K. N. S., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Menganalisis Bearing. International Journal of Elementary Education, 2(3), 183–191. https://doi.org/10.37304/jptm.v1i1.112

Astuti, & Mannahali, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5625

Jusriani. (2016). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bila Kabupaten Sidrap. Universitas Negeri Makassar.

Kasna, I. M. F. P., Sudhita, I. W. R., & Rati, N. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Dengan Bantuan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.

Kurniawan, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Promary Program Stui Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2), 389–396. https://media.neliti.com/media/publications/258351

Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Experiment Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Universitas Negeri Makassar.

Nasar, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 78 Parepare. Universitas Negeri Makassar.

Nureva, & Wulandari, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqra’ Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 15–27.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 24 Tahun 2016. (n.d.). Jakarta.

Tahir, U. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 60 Lasinrang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)