Upaya Guru Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Pinrang Dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Erwan Hafid(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan jasmani SMA Negeri Se-Kabupaten Pinrang dalam menerapkan proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study dengan satu kali pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei sedangkan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan kuesioner melalui link google form dan memberikan kuesioner secara langsung ke sekolah-sekolah kemudian menyalin hasil jawaban responden ke dalam google form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan jasmani SMA Negeri se-Kabupaten Pinrang dalam menerapkan proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 dijabarkan dalam 8 indikator yaitu: 80% guru penjas memiliki pemahaman terhadap karakteristik anak didiknya, 83,33% guru penjas memiliki kemampuan memberikan bimbingan untuk menumbuhkan potensi dan keterampilan motorik anak didik dalam proses pembelajaran penjas, 100% guru penjas memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran penjas dimasa pandemi Covid-19, 65% guru penjas mengalami hambatan dalam menerapkan proses pembelajaran penjas dimasa pandemi Covid-19, 100%  guru penjas telah memiliki pemahaman tentang penerapan pembelajaran di rumah sesuai arahan Kemendikbud, 100% guru penjas memiliki kemampuan memanfaatkan media pembelajaran online seperti whatsapp, Microsoft teams, zoom dan sebagainya, 100% guru penjas memiliki persepsi yang sama tentang proses belajar-mengajar di rumah, dan 77,78% guru penjas memahami terhadap kendala yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran penjas di rumah.

 

Kata Kunci: Guru pendidikan jasmani, proses pembelajaran, pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Baharuddin, & Arfanda, P. E. (2020). PKM Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus saat pandemi Covid-19. LP2MUNM, 413-414.

Bungin, B. (2010). Metodolgi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Hadjar, I. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media

Hidayat, A. (2012, mei 12). penjelasan desain penelitian (pengantar). Retrieved juli 31, 2020, from www.statiskian.com:https://www.statistikian.com/2012/05desain-penelitian-pengantar.html?amp.

Humas, U. (2018, maret 11). Instrumen Penelitian Kuantitatif. Retrieved juli 31, 2020, from penalaran-unm.org: https://penalaran-unm.org/instrumen-penelitian-kuantitatif/

Iwandana, D. T. (2012/2013). Peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah di sekolah dasar se-kecamatan bukateja kabupaten purbalingga tahun 2012/2013. skripsi, 11.

Kemendikbud, P. W. (2020, maret 26). kemendikbud bekerja sama dengan operator telekomunikasi sukseskan pembelajaran di rumah. Retrieved juli minggu, 2020, fromkemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go. id/main/blog /2020/03/ kemendikbud-bekerjasama-dengan-operator-telekomunikasi-sukseskan-pembe laj aran-di-rumah

Munggaran, R. D. (2012). Pemanfaatan Open Source Software Pendidikan Oleh Mahasiswa Dalam Rangka Implementasi Undang-Undang No. 19 Tahun 2012 Tentang Hak Cipta. skripsi, 62-63.

Nawang Galuh Safitri, A. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. jurnal article, 4.

Priyono, D. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Sukintaka. (1992). Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes. Jakarta:

Usman Rianse, A. (2008). Metode Penelitian Sosial Dan Ekonomi. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)