Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru

Andi Muhammad Fargly Ishak(1*), Ila Israwaty(2), Abd Halik(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Mini Water Heater untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor di Kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi,  dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi  akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari  10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Mini Water Heater dapat meningkat proses belajar dan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor di kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru.

 

Kata Kunci: Pendekatan STEM, mini water heater, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Agustina, P. (2017). Persepsi Guru Biologi SMA tentang Media Pembelajaran Materi Kingdom Animalia. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 318–321.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2018).

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 1(2), 125–131.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas Teori & Aplikasinya. Upi Press.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1, (2003).

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. 2, 432–436.

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Guepedia.

Kurniawan, N. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–33.

Mais, A. (2018). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Pustaka Abadi.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Saleha. (2019). STEM Menjawab Tantangan Abad 21. CV Beta Aksara.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skills). Tira Smart.

Satrianiwati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Deepublish.

Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Sriyati, S., Rochintaniawati, D., & Widodo, A. (2018). Upaya Mengembangkan Kemampuan Guru Kota Bandung dan Sekitarnya untuk Mendesain Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Melalui Kegiatan Lokakarya. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM, 1(1), 949–962.

Suhery, T. (2017). Implepmentasi STEMI pada Pembelajaran Kimia dalam Rangka Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 8–13.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tutuk, & Dewi. (2010). Kalor dan Perpindahannya. Kencana.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish.

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1(ISBN: 978-602-9286-21-2.), 976–984.

Yusuf, Y., & Auliya, U. (2011). Sirkuit Pintar (Melejitkan Kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga). Transmedia Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 390 times | PDF view : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)