Problematika Pembelajaran Daring pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang pada Masa Pandemi COVID-19

Nur Rahmida(1*), Lukman Lukman(2), Fajar Fajar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1)  Untuk mengetahui problematika pembelajaran daring yang ditemukan oleh guru UPT SDN 123 Pinrang pada masa pandemi COVID-19. (2) Untuk mengetahui problematika pembelajaran daring yang ditemukan oleh siswa UPT SDN 123 Pinrang pada masa pandemi COVID-19. (3) Untuk mengetahui problematika pembelajaran daring yang ditemukan oleh orang tua/wali siswa UPT SDN 123 Pinrang pada masa pandemi COVID-19. Penentuan subjek pada penelian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, orang tua/wali siswa kelas tinggi dan seluruh siswa kelas tinggi UPT SDN 123 Pinrang yang berjumlah 41 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil  analisis data maka problematika yang timbul dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu (1) Tidak adanya sarana dan prasarana yang dimiliki orang tua sehingga membuat siswa kesusahan dalam melakukan pembelajaran daring. (2) Kurangnya pemahaman tentang IT diakibatkan karena tidak adanya sarana dan prasarana yang digunakan dalam memahami teknologi. (3) Tidak adanya kuota internet atau sulitnya jaringan/signal membuat  guru, siswa dan orangtua/wali siswa kewalahan dalam proses pembelajaran daring. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Guru mengalami koneksi jaringan/signal yang kurang baik sehingga terjadi kewalahan dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. (2) Siswa tidak memiliki sarana dan prasarana seperti handphone atau kuota internet maka akan kesusahan dalam pembelajaran daring begitupun dengan koneksi jaringan/signal yang kurang baik sehingga siswa kewalahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring (3) Orang tua/wali siswa tidak bisa menyediakan atau tidak memiliki sarana dan prasarana seperti handphone atau kuota internet sehingga anak susah dalam proses pembelajaran daring ini, kemudian pemahaman mengenai teknologi pun kurang karena tidak ada alat yang digunakan dalam mengaksesnya.

 

Kata Kunci: Pembelajaran daring, Problematika pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


Apriliana, N. M. A. S. (2020). Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 1–77.

Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Paedagogik, 06(02), 131–150.

Djabba, R., Muslimin, & Sulfiana. (2020). Analisis Kesiapan dan Proses Pembelajaran E-learning pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SPF SDN 53 Lajarella Kabupaten Soppeng. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX(XX,XXX), 1–5.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

Harjali. (2011). Urgensi pendekatan multikultur dalam pendidikan. Cendikia, 9(2), 206–216.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Deepublish.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Ramdhani, M. T., & Ramlah, S. (2015). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN-3 Telangkah Desa Hampalit Kabupaten Katingan. Hadratul Madaniyah, 2(2), 25–40.

Rosdiana, S., Faisal, Khalik, & Hafid. (2019). Metode Khusus Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makassar.

Salim, & Haidir. (2012). Strategi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa secara Transformatif. Perdana Publishing.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Universitas Katolik Soegijapranata.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Yolanda, S. (2020). Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kelas Daring (online) Selama Masa Pandemi COVID-19 pada Pembelajaran TEMATIK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. Skripsi, 129.


Article Metrics

Abstract view : 237 times | PDF view : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)