Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Di Kabupaten Gowa

Chusnul Khatimah Amri(1*), Muhammad Anwar(2), Sarah Noviyanti Latuconsina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Fityan Gowa dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Fityan Gowa yang berjumlah 113 siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 29 siswa yang dipilih secara Random Sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh dari tes keterampilan berbicara, observasi dan wawancara terhadap siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Fityan Gowa adalah 73,96% atau termasuk kategori cukup. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Fityan Gowa adalah adalah faktor keberanian, faktor pendidikan, faktor minat, kurangnya kosakata yang diketahui siswa, dan kurang berlatih berbicara bahasa Arab.

 

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. PT. Indeks.

Harianto, & Dalle, A. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, Vol. 2 No. 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Informasi Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mori, R. P. (2017). Problematika Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Sabatini, C. C. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbicara dan Menulis Pada Kelas Khusus Program Akselerasi (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Surakarta).

Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh media big book trhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB.

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Vol 3 No. 1.

Subhayani, Sa’adiyah, & Armia. (2017). Keterampilan berbicara. syiah kuala university press.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Supriyana, A. (2010). Hakekat Berbicara. Http://Staff.Uny.Ac.Id/1/PBIN 4330-MI.Pdf.


Article Metrics

Abstract view : 417 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)