Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru

Priskilah Elmawati(1*), Musfirah Musfirah(2), Yonathan Pasinggi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi powtoon terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V UPTD SDN 145 Barru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian eksperimen (pre-eksperimental design) dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol (kelas pembanding). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media video animasi powtoon, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SD Negeri 145 Barru dengan jumlah 163 orang siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas V UPTD SD Negeri 145 Barru dengan jumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda (multipel choice) yang telah diuji validitasnya. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa yaitu 49,31 dan mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan dengan nilai rata-rata posttest siswa yaitu 84,77. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Paired Sample T-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,005 (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa media video animasi powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V UPTD SDN 145 Barru.

 

Kata Kunci: Video animasi powtoon, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arifah, N., Sari, N. M., & Abdullah, R. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Teknik Sipil, 1(4): 152-155.

Nurharyani, D., Sardimi, & Jumrodah. 2015. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTs Raudhatul Jannah Palangkaraya. EduSains, 3 (2): 125-140.

Putra, I. E. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, 1 (2): 20-25.

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. EDUTCEHNOLOGIA, 3 (2): 101-114.

Friskilia, O. S., & Winata, H. 2018. Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3 (1): 36-43.

Gandasari, M. F. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15 (1): 22-27.

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Depok: Rajawali Pers

Lestari, D., Rochadi, D., & Maulana, A. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 4 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 6 (2): 1-8.

Novita, L., & Novianty, A. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran. Jurnal JTIEE, 3 (1): 46-53.

Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 03 (01): 171-187.

Ponza, P. J. R., Jampel, N., & Sudarma, K. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1): 9-19.

Rahma, F. I. 2019. Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 14 (2): 87-99.

Sandi, F., Rumape, O., & Mohamad, E. 2016. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Entropi, 11 (2): 161-167.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Tirtoni, F. 2018. Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Sidoarjo: Umsida Press

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Widiyaningsih, B., & Sulisworo, D. 2021. Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Matematika Dengan Powtoon di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 9 (1): 47-57.

Sukayati, & Wulandari, S. 2009. Pembelajaran Tematik di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Article Metrics

Abstract view : 470 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)