Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Makassar

Nurfaidawati Nurfaidawati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran daring murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di masa pandemi covid-19, hasil belajar PKn murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar sebelum dan setelah penggunaan sistem pembelajaran daring, dan pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar di masa pandemi covid-19. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sistem pembelajaran daring dan variabel terikat adalah hasil belajar PKn murid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Inpres Managasa I Makassar sebanayak 78 orang, sampelnya adalah kelas V B sebayak 34 orang, teknik pengambilan sampelnya menggunakan  random sampling tipe simple random sampling secara undian. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Sistem pembelajaran daring murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar, berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran daring dengan persentase 85% dan kategori yang sangat efektif, hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan sistem pembelajaran daring sama-sama mempunyai kategori baik, berdasarkan hasil analisis statistika inferensial korelasi kedua variabel memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka kedua variabel terdapat korelasi positif dan berada pada hubungan korelasi sempurna. Sedangkan uji one-way anova hasil output diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari α= 0,05 apabila nilai signifikansi t lebih besar maka Ho diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran daring tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PKn murid kelas V SD Inpres Mangasa I Makassar.

 

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, sistem pembelajaran daring, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Damri., & Fauzi Eka Putra. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: KENCANA.

Dewi. S. A. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar PKn dengan Penerapan Metode Karya Wisata. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 7 (4), 98-105.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fatullah, M. B., Ramdani, H. C. (2020). Dampak Media Sosial Whatsapp Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan di SMK Mandiri 02 Balaraja (Studi pada Program Pendidikan Ekonomi FKIP UNIS Tanggerang). Jurnal pendidikan Bisnis dan Sosial, 1(1), 29-42.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). PembelajarHandarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Ibrahim, Andi. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rigianti. H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar Negara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 7(2), 297-302.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Suyahman, Dewi, P. T., Mahardisiwi, R., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan Whatsapp dalam Pembelajaran PPKn di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Vetran 1 Sukoharjo. Jurnal PPKn, 9(1), 6-16.


Article Metrics

Abstract view : 481 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)