Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Bulukumba

Eka Fausiah Azsahrah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penerapan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba sebanyak 3 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba dengan jumlah siswa kelas IV A 19 siswa, IV B 25 siswa, dan IV C 21 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket kepada orang tua siswa  dan mengambil nilai ulangan harian kepada guru kelas IV UPT SPF SDN 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil pembagian angket ke orang tua siswa dan hasil belajar dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Product Moment menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua yang terdiri dari indikator otoriter, permisif, dan demokrasi dengan tingkat hubungan yang rendah. Secara keseluruhan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa dengan tingkat hubungan rendah.

 

Kata Kunci: Pola asuh, Orang tua, Hasil belajar, PKn.


Full Text:

PDF

References


Adnan, Mohammad. 2018. Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Keislaman, 4(1),67-81.

Ananda, Rizki. 2017. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21-30.

Christina dan Kristin. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, 6(3), 217-230.

Hasan, Kamaruddin, dkk. 2020. Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, dan Intelectually (SAVI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 165-169.

Hidayati, Tutik dkk. 2019. Pendamping Gizi Pada Balita. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lestari, Indah. 2015. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115-125.

Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Suharyanto, Agung. 2013. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 1(2), 192-203.

Wijanarko, Jarot dan Setiawati Esther. 2016. Ayah Baik- Ibu Baik Parenting Era Digital Pengaruh Gadget dan Perilaku Terhadap Kemampuan Anak. Jakarta Selatan: Keluarga Indonesia Bahagia.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)