Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Imla’) Siswa Sekolah Menengah Pertama Pondok Modern Mahyajatul Qurra’ Di Kabupaten Takalar

Abdul Rahmat(1*), Misnah Mannahali(2), Sarah Noviyanti Latuconsina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh data tentang tingkat keterampilan menulis bahasa Arab (Imla’) siswa kelas VIII A SMP Pondok Modern Mahyajatul Qurra’ Kab. Takalar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang terdiri dari 17 siswa dan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: keterampilan menulis bahasa Arab (Imla’) siswa kelas VIII A SMP Pondok Modern Mahyajatul Qurra’ Kab. Takalar adalah 9 atau termasuk kategori sangat tinggi. Faktor internal meliputi minat, sikap, motivasi dan faktor yang paling mempengaruhi keterampilan menulis bahasa Arab adalah motivasi yang terdapat pada diri siswa. Faktor eksternal meliputi faktor sosial dan non sosial dan faktor yang paling memengaruhi keterampilan menulis bahasa Arab adalah faktor lingkungan.

Kata Kunci: keterampilan, menulis, bahasa arab, imla


Full Text:

PDF

References


Atmodiwiro, S. (2011). Menejemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Daeng, N. W. (2011). Terampil Bahasa. Bandung: Alfabeta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Grafindi Persada.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Diamati. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: Rajaali Pers.

Djali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasrar, D. A. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eraligual: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, Vol.2,No.2,34.

Herlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang: Dari Persiapan Hingga Prestasi Dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra . Bandung: Nuasa Cendekia.

Koenjaraningrat. (2012). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kusmaningsih, D., & dkk. (2013). Terampil Berbahasa. Yokyakarta: ANDI.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Dalam Kelurga. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Widia, H., Rijal, A., Yuwalitas, G., & Fahmi, R. (2017). Faktor Internal dan Faktor External Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak. CIVED ISSN 2302-3341, Vol. 5, No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)