Evaluasi Buku Teks Bahasa Arab “Duruusu Al-Lughah Al-Arabiyyah” Di Madrasah Aliyah

Yarsela Yarsela(1*), Syamsu Rijal(2), Sarah Noviyanti Latuconsina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh data dan informasi tentang evaluasi buku teks bahasa Arab “Duruusu Al – Lughah Al – Arabiyyah” Kelas X Madrasah Aliyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab di lima sekolah terpilih yang berada di daerah Sulawesi Selatan diantaranya; MAN 3 Makassar, MA DDI Attaufiq Padaelo Barru, MA Bontokassi Takalar, MA Pesantren Tarbiyah Takalar, dan MAN 1 Barru. Sampel penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab kelas X. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara. Data yang telah diperoleh akan dianalisa dan dihitung berdasarkan klasifikasi tanggapan menggunakan skala likert dan data hasil wawancara dianalisa dengan pencatatan kemudian menyalinnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tanggapan guru tentang buku “Duruusu Al – Lughah Al – Arabiyyah” Kelas X Madrasah Aliyah adalah sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata skor 92,2. Hal ini didukung dari presentasi angket yang menunjukkan bahwa 4 (80%) tanggapan guru tergolong sangat baik dan 1 (20%) tanggapan guru tergolong baik. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru memberikan penilaian sangat baik terhadap buku “Duruusu Al – Lughah Al – Arabiyyah” Kelas X Madrasah Aliyah dalam pembelajaran bahasa Arab. 2) penjelasan guru dalam wawancara menyatakan bahwa buku “Duruusu Al – Lughah Al – Arabiyyah” Kelas X Madrasah Aliyah sudah baik dalam hal kelengkapan materi, penyajian yang sederhana dan sesuai dengan tingkatannya. Namun dianggap masih kurang dalam hal penyajian ilustrasi dan transliterasi Arab –Indonesia.

Kata Kunci: Ta’lim Evaluasi, Buku Teks, Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Amandemen Standar Nasional Pendidikan:(PP No.32 tahun 2013) dilengkapi dengan PP No.19 tahun 2005. (2016). Jakarta: Sinar Grafika

Asra, A., Puguh, B.I., & Agus, P. 2016. Metode Penelitian Survei. Bogor: IN MEDIA

Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82.

Asri, M. 2020. Analisis Bahan Ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 di kota Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Asrul, A., Ananda, R., & Rosnita, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran.

Asyrofi, S., & Toni, P. 2016. Penulisan Buku Teks Bahasa Arab: Konsep, Prinsip, Problematika dan Proyeksi. Yogyakarta: Ombak.

Fatimannisa, A. 2020. Students’ perception on the use of ruangguru application in their English learning. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Ghazali, M.D. 2016. Analisis Buku Teks Bahasa Daerah Bugis Smp Kelas VII Kabupaten Pangkep. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Malawi,I., & Endang, S.M. 2016. Evaluasi Pendidikan. Magetan: Cv Ae Media Grafika.

Muslich, M. (2016). Text Book Writing:Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Pendidikan, P.P.K.T.S., & Menengah, D. (2006). Badan Standar Nasional Pendidikan.

Pribadi, B.A. 2017. Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Rahmawati, G. (2015). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di SMAN 3 bandung. Edulib, 5(1).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, G. 2011. Pengantar & Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia

Susilana, R., & Cepi, R. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tarigan, H.G., & Djago, T. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Ubaidillah, M.N.H. (2016). Analisis Buku Teks Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Insan, Provinsi Trang, Thailand. SKRIPSI Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM.

Yaumi, M. 2017. Belajar dan Mengajar dengan Media dan Teknologi. Watampone: Syahadah.

https://bsnp-indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014p/.


Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)